3 Tips Melupakan Patah Hati Menurut Ilmuwan

Anggi Mayasari - wolipop Kamis, 04 Mei 2017 11:06 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Siapa yang tidak sedih saat putus cinta? Bahkan usai putus dengan mantan kekasih, masih banyak yang merasa kesulitan untuk melupakannya. Kebersamaan serta kenangan indah yang pernah dilalui bersama seakan tak bisa hilang dari ingatan. Rasanya seperti sebagian dari jiwa Anda telah hilang.

Begitu besarnya efek patah hati, sehingga mendorong para ilmuwan untuk menemukan cara bagaimana membantu melupakan mantan kekasih dan bisa cepat move on. Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Colorado, menemukan bahwa efek plasebo membantu mengurangi efek fisik dari patah hati.

Plasebo adalah sebuah pengobatan medis yang tampak nyata, namun sebenarnya bukan obat sama sekali. Ini bisa berupa pil, suntikan, atau beberapa jenis lain dari pengobatan 'palsu'.
Foto: Ilustrasi wanita yang sedang mandi di Onsen (Thinkstock)

"Cukup dengan fakta bahwa kamu melakukan sesuatu untuk dirimu sendiri dan terlibat dalam aktivitas yang memberikan sebuah harapan sudah memberikan pengaruh," ujar Tor D. Wager, penulis penelitian dan profesor psikologi dan ilmu saraf, seperti dikutip dari Seventeen.

Peneliti bertanya kepada 40 partisipan yang telah melalui perpisahan menyakitkan dengan pasangannya. Selama enam bulan terakhir mereka membawa sebuah foto mantan kekasihnya ke laboratorium untuk di-scan visualisasi otaknya.

Aktivitas otak mereka dilacak oleh mesin pencitraan resonansi magnetik fungsional (fMRI). Ketika itu mereka ditunjukkan foto mantan kekasih dan mengalami sakit secara fisik. Dari hasil scan terlihat, bagian otak yang aktif ketika seseorang mengalami sakit fisik, sama dengan ketika ia merasakan sakit secara emosional.
Foto: Thinkstock

Selanjutnya setiap peserta diberikan semprotan hidung. Setengahnya diberi tahu bahwa itu adalah analgesik kuat yang efektif mengurangi rasa sakit emosional (kelompok plasebo). Sementara itu beberapa peserta lainnya diberi tahu hal sebenarnya bahwa itu hanya larutan garam sederhana.

Kemudian masing-masing partisipan kembali ke mesin fMRI dan kembali menjalani scanning otak. Kelompok plasebo merasakan sedikit rasa sakit fisik dan merasa lebih baik secara emosional daripada kelompok yang diberitahu hal sebenarnya.

Para periset menemukan bahwa jika Anda bisa 'menipu' diri untuk percaya bahwa Anda merasa baik-baik saja, maka Anda sebenarnya telah benar-benar selesai dan melupakan mantan kekasih. Para ilmuwan pun menyarankan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu menyembuhkan patah hati:
Foto: Thinkstock

1. Usap air mata.

2. Buat rencana dengan teman, baik itu jalan-jalan atau sekadar hang out.

3. Cobalah untuk bersenang-senang meskipun Anda sedang merasa sedih. (agm/hst)