Gagal Move On? Segera Atasi Agar Tidak Sengsara Seumur Hidup

Kiki Oktaviani - wolipop Jumat, 06 Jan 2017 19:06 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Menjalani hubungan dalam jangka waktu yang lama, tentunya harapan yang menggantung juga tinggi. Tapi seperti kamu didorong ke jurang ketika harus putus dengan kekasih. Meski perpisahanmu dan mantan sudah berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun lamanya, namun kamu masih memendam rasa untuknya.

Jangan anggap sepele dengan perasaan tersebut dan membiarkannya begitu saja. Itu tanda buruk bahwa kamu gagal move on karena masih terobsesi dengan mantan kekasih.

Menurut psikolog, Zoya Amirin, perilaku obsesif terjadi karena Anda tidak dapat mengatasi perasaan sakit hati atau negatif. Hal itu pun bukan perilaku yang wajar.

"Terobsesi sama mantan itu tidak normal karena kita enggak mampu nguasain perasaan negatif kita, rugi!" ungkap Zoya.

Segera atasi gagal move on-mu dengan agar tidak selamanya sengsara. Ini tipsnya:

1. Sudahkah Kamu Benar-benar Menjauhinya?
Masih memendam rasa pada mantan, namun kamu masih sering menghubunginya atau bertemu dengannya. Ini yang kerap kali membuat mantan pasangan gagal move on. Untuk itu, kamu benar-benar harus menjauhinya agar bisa segera membenahi emosimu. Sudah pasti akan merasakan tersiksa dan sakit hati, namun itu hanya untuk awalnya saja. Ketika sudah move on kamu akan sangat lega dan berterima kasih pada dirimu yang mengambil langkah tepat.

Dalam masa membenahi emosi, rasakan sakitnya dan luapkan emosimu dengan menangis. Tapi kamu harus menetapkan waktu kapan harus berdiri kembali dari keterpurukan. Kamu bisa memberi batasan waktu untuk diri sendiri masuk dalam masa berkabung, entah seminggu, dua minggu atau sebulan. Tapi ingat, kamu tidak boleh memanjakan perasaan terlalu lama.

2. Berhenti Stalking
Stalking atau menguntit mantan kekasih secara langsung ataupun di sosial media bukanlah perbuatan yang baik. Tindakanmu tersebut hanya membuat semakin sakit hati dan sulit move on. Daripada semakin galau sebaiknya mulai berhenti untuk mencari tahu keberadaannya.

3. Mencintai Diri Sendiri
Klise, namun ini saran paling bijak. Jangan biarkan perasaan dan pikiranmu hanya untuknya dan melupakan kebahagiaanmu. Kini, fokuslah pada dirimu sendiri. Kenali kembali dirimu, apa yang kamu inginkan dan ingin diraih. Dengan mencintai dirimu sendiri dan menemukan kembali passion-mu, secara perlahan memikirkan tentang mantan tidak lagi jadi prioritasmu. Kamu perlahan semakin bisa move on dan poin plusnya kamu mendapatkan kesuksesan. Menyenangkan, bukan?

4. Kembali ke 'Arena' Kencan
Banyak orang yang tidak menyarankan untuk buru-buru punya pacar jika kamu belum move on sepenuhnya. Tapi terkadang, kamu jadi lebih lama move on karena kamu tidak mau membuka diri terhadap pria lain. Dengan mengenal dan berkencan dengan pria-pria kamu bisa mengenal karakter mereka dan membuatmu lebih banyak menilai. Tidak perlu terburu-buru langsung pacaran, berkenalan dulu dan berkencanlah sebanyak-banyaknya. (ays/ays)