Dari 4 Tipe Hubungan dalam Percintaan Ini, Kamu Termasuk yang Mana?

Alissa Safiera - wolipop Minggu, 27 Nov 2016 20:48 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Banyak kuis tentang kepribadian di internet sebagai cara termudah mengenal diri sendiri atau pasangan. Tak sedikit pula yang mencaritahu tentang kecocokan dalam hubungan. Padahal setiap pasangan memiliki kisah berbeda.

Namun atas nama ilmu pengetahuan, tiga peneliti mencaritahu formula tentang hubungan yang bahagia. Mereka mempelajari 400 pasangan dan mengajukan pertanyaan tentang komitmen masing-masing terhadap pasangannya dan juga apa yang dirasakan tentang hubungan yang dijalani.

Steven Ogolsky, ketua penelitian ini pun datang dengan konklusi. Menurutnya, tiap pasangan bisa dibagi ke dalam empat tipe hubungan. Yang manakah Anda?

Penuh konflik namun saling jatuh cinta

Tipe ini juga dikenal dengan pasangan yang sering putus-nyambung dalam hubungan. Jika Anda berada di tipe ini, artinya komitmen Anda berdua sangat bervariasi. Satu menit bisa romantis, di menit lainnya mendadak dingin.

Konflik tidak menguatkan hubungan, justru membuat hubungan renggang. Namun passion selalu membuat Anda dan pasangan kembali. Walau tahu hubungan tak seindah dulu, selalu saja ada magnet yang menyatukan kembali, segila apapun pertengkaran yang lalu.

"Sulit untuk berlanjut dalam jangka panjang," kata Ogolsky.

Namun bukan berarti ini hubungan yang tidak mungkin. Jika Anda ingin hubungan jadi lebih baik, sebaiknya instropeksi masalah tadi dengan pasangan. Komitmen Anda harus ditingkatkan, dan belajar untuk membuat keputusan yang lebih dewasa dibanding kabur dari masalah.

Penuh Drama

Apa Anda dan pasangan seringkali diterpa masalah baru? Apakah Anda mengambil keputusan berdasarkan hal di luar hubungan? Atau apakah Anda jarang berdiskusii dengan pasangan dan hanya mengandalkan saran dari teman? Jika iya, maka Anda berada di dalam hubungan penuh drama.

"Pasnagan tipe ini memiliki banyak momen jatuh bangun, dan komitmen mereka gampang berubah," jelas Ogolsky.

Jika Anda termasuk tipe yang selalu fokus pada sisi negatif dan faktor di luar hubungan mengarahkan opini Anda tentang pasangan, hal ini yang selalu memicu pertengkaran yang berujung putus hubungan. Untuk memperbaiki keadaan, mungkin Anda bisa pikirkan kembali tentang keputusan yang diambil. Kali ini harus cepat, karena menurut Ogolsky, tipe ini dua kali lebih mungkin untuk berakhir dibanding yang lainnya.

Social Butterflies

Jika malam minggu Anda dengan pasangan seringkali mengundang para sahabat, atau aktivitas sosial lainnya lebih senang dilakukan bersama dibanding sendiri-sendiri. Artinya, Anda dan dia punya hubungan yang kuat karena orang-orang atau hal lain yang dibagi bersama.

"Memiliki teman-teman yang sama membuat pasangan ini merasa lebih dekat dan lebih berkomitmen," tambahnya.

Menurut penelitian, pasangan tipe ini lebih stabil dan memiliki tingkat kebahagiaan dan pertemanan yang tinggi. Ini karena masing-masing menikmati saat pergi berdua atau bahkan ketika bersama yang lain. Ini adalah tanda yang bagus, karena dalam hubungan jangka panjang, Anda perlu berbagi hal-hal yang membuat hubungan bertahan selamanya.

Fokus pada pasangan

Hidup Anda dihabiskan dengan fokus pada pasangan. Anda melakukan semua hal bersama, berbagi hobi dan waktu yang menyenangkan. Anda tak peduli pendapat orang lain untuk memengaruhi pendapat, dan selalu membicarakan masalah kepada pasangan.

Jika Anda ada di tipe ini, menurut Ogolsky, hubungan ini memiliki tingkat kepuasan yang tinggi. Namun ingat, jangan lupa untuk membahagiakan diri sendiri juga, selain mendahulukan kebahagiaan pasangan.
(asf/eny)