Fakta tentang Pasangan Bahagia Berdasarkan Penelitian

Alissa Safiera - wolipop Kamis, 01 Sep 2016 19:31 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Masih memikirkan rahasia di balik pasangan yang hubungannya tampak bahagia dan telah bersama dalam jangka waktu panjang? Para peneliti menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk mencari jawabannya. Mereka meneliti pasangan bahagia untuk melihat kebiasaan apa saja yang membuat hubungan mereka tetap terasa menyenangkan walau telah begitu lama bersama.

1. Hubungan Diawali dengan Pertemanan
Kunci dari sebuah hubungan yang berhasil adalah memulainya dengan ikatan yang kuat dan juga seimbang. Peneliti bernama John Gottman menemukan bahwa pasangan yang memulainya lebih dulu dengan hubungan pertemanan yang kuat dan dalam, terlihat sangat puas dengan asmara, gairah juga seks mereka.

2. Frekuensi Seks
Ada banyak keuntungan menghabiskan waktu yang intim dengan suami. Para profesor sosiologi dari University of Colorado Boulder menemukan jika pasangan yang bahagia memiliki frekuensi seks sekurangnya dua sampai tiga kali dalam sebulan. 33 persen dari mereka dilaporkan lebih bahagia dibanding pasangan yang jarang melakukan seks.

3. Mereka Tidur Nyenyak
Tidur membantu kita 'sembuh' dari kegilaan di hari yang sibuk dan panjang. Namun tak hanya itu, tidur dapat pula menjadi resep hubungan bahagia.
Sebuah penelitian diungkap dari University of Arizona pada tahun 2009 menemukan jika wanita yang kurang tidur memiliki lebih banyak masalah dalam hubungannya dibanding mereka yang tidur cukup. (als/itn)