Ketahui Apa yang Dipikirkan Teman Kencanmu dari Bahasa Tubuhnya

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 15 Jul 2016 19:07 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Sebuah penelitian pernah mengungkap dara jika 70 sampai 90 persen komunikasi dilakukan secara nonverbal. Tanpa harus bicara, Anda pasti tahu jika sahabat tertarik mendengar obrolan atau justru sedang malas dari melihat bahasa tubuhnya. Tentu mudah mengamati orang yang sudah Anda kenal dekat, tapi bagaimana jika ia adalah orang asing. Bisa jadi ia calon pasangan potensial Anda, tapi ada kemungkinan lain jika ia tak ingin serius. Untuk mengetahuinya, simak apa yang dirasakan si teman kencan saat bicara dengan Anda dari bahasa tubuhnya.

1. Tingkat Kenyamanannya
Seorang mantan agen FBI dan ahli bahasa tubuh Joe Navarro, pertamakali Anda bisa lihat senyaman apa ia di dekat Anda. Jika terasa nyaman, tubuhnya akan condong ke lawan bicara dan memberi kontak mata yang tak berlebihan dan nyaman bagi Anda. Kebalikannya, jika ia tak merasa nyaman, ia akan sering memalingkan wajah, tangan disembunyikan ke belakang dan tak mau menatap lama.

2. Lihat Gerak Tubuhnya
Gelisah, menghindari kontak mata dan berkeringat adalah bahasa tubuh yang buruk. Tapi di kencan pertama, gugup bukan hal yang buruk. Namun jika ia menyilangkan tangan di depan badannya, bisa jadi tanda jika ia tak begitu tertarik dan ingin menjaga jaraknya.

3. Cara Tertawa
Saat Anda menceritakan gurauan, lihat apakah senyumnya tulus. Senyum palsu hanya membuka mulutnya, tapi tak membuat matanya tampak berekspresi. Namun jika senyumnya tulus, akan membuat sudut matanya sampai berkerut yang tentu sulit untuk dipalsukan.

4. Hidung
Hidung juga bisa punya banyak arti. Lubang hidung yang membesar bisa berarti detak jantungnya berdegup kencang, yang artinya ia marah, bernafsu secara seksual atau mungkin keduanya.

5. Kaki
Banyak yang bilang mata adalah jendela ke hati seseorang. Tapi seorang ahli mengatakan jika kaki lebih bisa menunjukkan ketertarikan. Jika tubuh dan kakinya menghadap Anda, artinya ia tertarik. Sebaliknya, jika kakinya dilipat atau menghadap arah luar, mungkin ia ingin segera pergi dari Anda.

6. Tangan
Telapak tangan berada di atas meja adalah tanda ia nyaman dan terbuka, namun jika tangannya disembunyikan di bawah meja berarti ia menyembunyikan sesuatu, sangat gugup dan tidak nyaman.

7. Mata
Anda mungkin sudah sering dengar jika mereka yang berbohong bisa dideteksi dari matanya, tapi kenyataannya justru kebalikan dari itu. Karena para pembohong ini tahu jika kontak mata begitu penting, mereka justru tak memalingkan matanya dari mata Anda. Orang normal berkedip enam sampai 10 kali permenit, tapi jumlah ini akan lebih banyak dan lebih cepat jika mereka berbohong. (asf/asf)