3 Cara Buat Perasaan Lebih Bahagia Menurut Psikolog

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 04 Mei 2016 07:06 WIB
Foto: Thinkstock
Jakarta - Perasaan bahagia membuat seseorang lebih produktif. Berbeda dengan seseorang yang sedang murung tentu tidak akan bersemangat dalam beraktivitas. Psikolog Roslina Verauli, M. Psi., mengatakan kebahagiaan perlu diciptakan oleh diri sendiri bukan dari pihak luar.

Psikolog dengan sapaan akrab Vera itu menuturkan bahwa uang, pendidikan, hingga cinta belum tentu membuat seseorang bahagia. Menurutnya, kebahagiaan muncul ketika seseorang bisa mencapai sesuatu yang ingin diraih dalam hidupnya.

"Apakah kamu bahagia saat punya uang? Jawabannya iya. Tapi di saat orang lain punya uang lebih banyak dari kamu, belum tentu kamu akan bahagia. Jadi perasaan bahagia itu harus diciptakan, tidak datang sendiri," ujar Vera ketika berbincang di acara peluncuran home appliance dan TV terbaru dari Samsung di CGV Blitz, Grand Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (3/4/2016).

Vera pun berbagi tips untuk membuat perasaan lebih bahagia:

1. Update Teknologi
Vera menyarankan untuk memanfaatkan teknologi agar bisa hidup lebih bahagia. Memiliki gadget baru, alat elektronik dengan inovasi teknologi yang canggih, hingga perlengkapan rumah yang berteknologi tinggi bisa membantu mengatur kehidupan sehari-hari yang memudahkan Anda dalam beraktivitas. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi lebih bersemangat dan munculah rasa kebahagiaan.

"Ternyata teknologi yang dimiliki mampu mengorganisasi kehidupan kita. Jadi kita mampu mencapai tujuan kita yang membuat kita lebih bahagia. Contohnya saya punya busnis di luar kota, saya nggak perlu bingung mantau karyawan saya kan ada CCTV, ada smartphone, jadi semua bisa terkendali, tujuan saya tercapai, dan itu buat kita lebih bahagia," paparnya.

2. Pastikan Berada di Lingkungan yang 'Sehat'
Pastikan Anda berada di lingkungan yang sehat. Tidak hanya hidup sehat tapi juga memiliki jalinan silaturahmi yang baik antara satu sama lain. Bila Anda hidup bermusuhan dengan orang lain maka kebahagiaan tidak akan muncul. Yang ada rasa khawatir serta resah memikirkan orang lain.

3. Mendapat Dukungan
Bagaimana caranya mendapat dukungan dari orang sekitar? Tentu cara Anda bersikap akan mempengaruhi orang-orang sekitar. Seperti aktris cantik Dian Sastrowardoyo yang banyak mendapat dukungan dari keluarga serta teman-temannya. Dukungan yang positif diakuinya membuat Dian lebih merasa bahagia. (aln/ami)