86% Pria Takut Berkencan dengan Wanita Pintar

Alissa Safiera - wolipop Senin, 26 Okt 2015 18:05 WIB
Dok. Getty Images
Jakarta - Wanita yang masih sendiri saat ini bisa berbangga diri, karena mungkin salah satu alasannya belum didekati pria adalah, Anda terlalu pintar. Setidaknya begitu yang terungkap di sebuah studi terbaru yang dilakukan Personality and Social Psychology Bulletin.

Penelitian ini berusaha mengungkap hubungan antara daya tarik dengan karakter seseorang. Hasilnya, menemukan jika 86 persen dari 105 responden pria mengatakan mereka menganggap wanita pintar itu menarik, tapi bukan berarti ingin benar-benar mengencaninya di dunia nyata.

"Ketika interaksi dengan bertatap muka, pria menemukan jika wanita pintar terlihat menarik sampai titik tertentu, namun sekali kecerdasan itu melampaui si pria, bunga-bunga romantis itu akan langsung berkurang," tulis penelitian tersebut.

Dalam kata lain, pria tertarik dengan wanita pintar namun sebatas jika mereka berpikir wanita itu tak lebih pintar dari dirinya. Penelitian ini dilakukan di sebuah acara kencan kilat, dan terbagi atas dua sesi.

Putaran pertama fokus pada daya tarik. Selama babak ini, pria mengatakan mereka menyukai wanita yang cerdas dan akan lebih tertarik jika wanita itu lebih pintar dari dirinya. Para wanita dalam acara kencan kilat itu mengalahkan si pria pada matematika dan pelajaran bahasa. Untuk saat ini, para pria terlihat baik-baik saja dengan hal itu.

Kemudian di putaran kedua, pria-pria itu ditanya tentang pendapatnya mengencani wanita yang lebih pintar tadi di kehidupan nyata. Mereka langsung mengubah wajah tertariknya dengan, "Ah tidak, terima kasih."

"Pria merasa kurang maskulin jika mereka merasa terlalu jauh levelnya dari si wanita. Para pria yang menjadi responden itu merasa terancam karena merasa wanita itu terlalu tinggi, mereka merasa kurang maskulin, yang akhirnya membuat mereka kehilangan ketertarikan romantis untuk berinteraksi dengan wanita yang lebih pintar," tulis penelitian.

Bukan berarti Anda harus pura-pura tak mengerti apapun untuk bisa berkencan dengan pria. Justru kepintaran Anda akan menyeleksi pria-pria yang memang layak untuk dicintai.

(als/als)