Cara Berdamai dengan Perilaku Posesif Kekasih

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 09 Jul 2015 19:36 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Tampaknya hampir semua wanita berharap memiliki pasangan yang perhatian dan tak ragu menunjukkan kasih sayangnya. Namun apapun yang dalam porsi berlebih tentu tidak baik, begitupun untuk rasa ingin memiliki terhadap pasangan atau posesif.

Dalam satu sisi, posesif mungkin sama artinya dengan rasa cinta pada pasangan. Namun di sisi lain, ini adalah tanda bahwa insecure pada dirinya sendiri, atau hubungan.

Wolipop pun pernah mengadakan survei secara online mengenai pacar posesif. Dari hasil survei tersebut, tercatat 54% wanita dari 147 responden mengaku bahwa kekasihnya termasuk ke dalam kategori pacar yang terlalu posesif. Survei pun berlanjut dengan pertanyaannya, 'Apa yang Anda lakukan jika pasangan mulai posesif?' Ternyata mayoritas responden tidak memilih jalan putus. 58% wanita memilih untuk berbicara dan menjelaskan secara baik-baik kepada pasangan mereka.

Jika Anda salah satu wanita yang memilih untuk bertahan, maka Anda harus berdamai degan sifat kekasih seperti ini. Namun bukan berarti menerimanya begitu saja, melainkan berkompromi tentang hal itu agar kedua pihak diuntungkan.

Menurut Psikolog Zoya Amirin yang ditemui, Sabtu (6/10/2012) di Hotel Marriot, Jakarta, Anda bisa mengatasi si posesif dengan komunikasi yang baik dan juga jelas. Zoya menyarankan untuk bertanya baik-baik kepada pasangannya, apa yang bisa dilakukan agar ia tak lagi merasa insecure dalam hubungan.

"Apa yang membuat pasangan nyaman untuk menjalani? Apa yang membuat ia makin percaya dengan diri kamu? Hingga bagaimana cara yang harus dilakukan bersama agar rasa percaya ini semakin tumbuh dan kuat?" ujar Zoya.

Jika Anda sudah merasa mendapatkan jawabannya, langkah selanjutnya adalah konsisten dengan keputusan yang telah ditetapkan bersama. "Anggaplah sudah dijalani, ya jangan diulang lagi. Misalnya kalau sudah ngabarin, jangan jadi gila sendiri lagi. Harus konsisten sama janji yang sudah dibuat. Kalau dulu ngomelnya banyak, sekarang jadi sedikit karena saling mengabari," ujar Zoya menjelaskan.

(ami/ami)