Ini yang Sebaiknya Dilakukan Wanita Saat Pria Sedang Galau

Intan Kemala Sari - wolipop Sabtu, 28 Mar 2015 16:54 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Ketika sedang dilanda masalah, pria akan berusaha keras untuk mencari jalan keluarnya. Tak jarang mereka menjadi pendiam atau lebih suka menyendiri. Saat ditanyakan apa permasalahannya, mereka lebih memilih diam seribu bahasa. Terkadang mereka pun juga menunjukkan perubahan sifat seperti mudah marah, lebih sensitif, dan lebih melankolis.

Sikapnya seperti ini tentu membuat Anda bingung harus berbuat apa. Salah-salah, Anda malah semakin membuatnya menjauh dan hubungan menjadi kacau. Lalu apa yang sebaiknya harus dilakukan?

1. Jangan Memaksa
Biasanya pria menjadi lebih pendiam saat dirinya tengah galau meski Anda selalu bertanya-tanya apa penyebab kegalauan mereka. Sebaiknya jangan memaksa pria untuk berbicara, lebih baik berikan dukungan dengan kata-kata yang positif dan memotivasi. Dengan dukungan yang Anda berikan, hal ini bisa membuatnya merasa tersanjung dan berusaha untuk bangkit.

2. Diamkan Sejenak
Selain berubah menjadi pendiam, mereka juga tak jarang menjadi penyendiri dan lebih senang mengurung diri di kamar. Biarkanlah pria melakukan hal yang menurutnya pantas untuk dilakukan, karena sebenarnya pria membutuhkan pelampiasan saat dirinya galau. Tetapi jika terus menerus berdiam diri di kamar, ajaklah untuk pergi ke luar atau sekadar menikmati udara segar.

3. Bersikap Tenang
Jangan mudah terpicu amarah saat pria sedang galau. Karena mereka tidak bisa berpikir panjang saat galau sehingga perilaku mereka bisa lebih kasar. "Bersikap tenang dan katakan secara tegas tentang harapan dan keyakinan Anda bahwa ia bisa lebih baik," ujar wanita yang akrab disapa Nunki saat diwawancarai Wolipop via e-mail, Senin (23/3/2015).

4. Beri Pujian
Jangan ragu-ragu untuk berikan pujian bernada positif walaupun itu adalah hal sepele. Pria sangat menghargai apresiasi positif yang dilontarkan dari pasangannya meski dirinya tengah galau. Jika iya yakin pasangannya menghargai dan mendukungnya sepenuh hati, hal itu bisa menambah semangatnya untuk move on.

5. Ajak Olahraga
Psikolog Ayu Dyah Pasha menambahkan bahwa pria yang tengah galau sebaiknya diajak untuk berolahraga. Menurut beberapa penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat melepaskan hormon stres sehingga seseorang menjadi lebih relaks.

"Misalnya dia suka bersepeda, ajak dia untuk melakukannya. Mengajaknya untuk melakukan hal-hal positif akan membuatnya lupa dengan masalah," ujar wanita yang juga dikenal sebagai aktris itu saat ditemui Wolipop di Hotel Double Tree, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

6. Hiburan
Cara lain untuk menghibur pasangan yang tengah galau adalah dengan memberikannya sebuah buku motivasi yang bisa membuatkan kembali bersemangat menjalani hidup. Jika tidak suka membaca buku, Anda bisa memberikannya DVD film atau musik, namun lagu yang dipilih jangan lagu mellow.

"Justru dengan lagu mellow dia bisa semakin sedih. Kasih lagu yang semangat untuk membuatnya lebih bergairah menjalani hidup," tambah Ayu.

7. Ajak Dia untuk Mengenal Dunia Anda
Pria bisa menjadi galau karena insecure dengan pasangannya. Untuk mengatasi hal tersebut menurut Ayu, Anda bisa mengajaknya untuk lebih mengenal dunia Anda agar si dia tidak galau dan merasa kurang perhatian.

"Misalnya ceweknya suka ikut klub fotografi, coba ajak cowoknya. Dua-duanya bisa menimba ilmu untuk sesuatu yg baru dan cowoknya bisa lebih memahami dunia si cewek," ujar psikolog sekaligus professional
coaching itu.

(kik/hst)