Saat Pasangan Sudah Tak Menghargai Hubungan, Perlukah Dipertahankan?

- wolipop Selasa, 07 Okt 2014 19:48 WIB
dok. Thinkstock dok. Thinkstock

Jakarta - Menjalani hubungan asmara memang tak akan sepenuhnya berjalan mulus tanpa hambatan. Terkadang 'kerikil' kecil datang dalam perjalanan dan membuat hubungan berubah.

Salah satu gangguan yang tersulit mungkin masuknya orang ketiga dalam hubungan. Tak jarang ada pasangan yang justru lebih memilih orang baru tersebut dibanding Anda yang sudah menemani dalam suka dan duka. Jika sudah demikian, apakah putus menjadi jalan terbaik?

Psikolog sekaligus konsultan cinta Wolipop mengatakan, cinta memang bukan pilihan namun komitmen adalah pilihan. Tanyakan pada diri Anda apakah ingin menjalani hubungan yang didasari atas rasa saling cinta atau hanya sekadar mempertahankan status?

Ditambahkan oleh pendiri Conseling and Development Center PT Personal Growth itu, dalam menjalin hubungan selain membutuhkan komitmen juga membutuhkan usaha dari kedua belah pihak untuk mempertahankannya.

"Jika memang pasangan kamu tidak mengusahakan hal itu, kamu sebaiknya kali ini benar-benar bertanya padanya, apakah ia masih mau memperjuangkan hubungan kalian ataukah tidak. Bila ia tidak ingin memperjuangkan hubungan kalian, maka sebaiknya kamu bijak dalam mengambil keputusan untuk dirimu dan masa depanmu," tutur Ratih.

Namun jika memang masih ada komitmen dari Anda dan pasangan, maka hubungan masih dapat diusahakan dan dipertahankan. "Ajak dia bicara secara baik-baik, mungkinkah ada masalah di antara kalian yang tidak disadari sehingga menyebabkan perubahan hubungan kalian. Bicarakan bersama dengan pasangan secara terbuka dan jujur bagaimana solusi yang terbaik untuk kalian berdua," tambahnya.

(als/eny)