Yang Membuat Wanita Tetap Merasa Kesepian Meski Sudah Punya Kekasih

- wolipop Minggu, 21 Sep 2014 16:05 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Punya pacar perhatian tapi tetap merasa kesepian? Hal itulah yang masih sering dirasakan oleh sebagian wanita, padahal sudah punya kekasih. Faktanya, perasaan kesepian datangnya bukan dari status, melainkan dari pikiran seseorang.

Banyak orang yang merasa kesepian meski berada di keramaian. Jangan diabaikan, Anda harus tahu apa yang membuat perasaan sepi menghampiri. Ini beberapa penyebab yang mungkin memicu Anda menjadi wanita yang mudah kesepian, dikutip dari berbagai sumber.

1. Jarang Mendapatkan Waktu Berkualitas Bersama Pacar
Banyak pasangan yang merasa gengsi untuk memulai pembicaraan lebih dulu ketika terjadi masalah atau pertengkaran. Padahal, komunikasi sangat penting untuk mempertahankan hubungan agar awet dan langgeng. Jika masing-masing pasangan mempertahankan egonya, bukan solusi dan penyelesaian yang didapatkan tapi justru rasa kesepian berlarut-larut yang berujung pada kandasnya hubungan.

Untuk itu, sangat penting untuk punya waktu berkualitas bersama pasangan. Untuk membahas banyak hal dan memperbaiki hubungan yang mungkin tengah bermasalah. Ketika Anda berbaikan dengan pacar setelah bertengkar tanpa menyelesaikan masalah sebelumnya dan tak mengungkapkan apa yang dirasakan, rasa galau itu akan terus menghantui dan bisa membuat depresi. Anda pun merasa kesepian karena tak ada yang mengerti dengan kegalauan, termasuk kekasih sendiri.

2. Terlalu Takut Kehilangan
Perasaan kesepian bisa jadi karena Anda terus membayangkan hal-hal negatif, seperti takut kekasih selingkuh atau perasaan takut ditinggalkan. Bayangan tersebut yang membuat Anda terus merasa ketakutan yang membuat Anda malah merasa kesepian dan tidak menikmati hubungan. Sebaiknya, pelan-pelan bangun optimisme dalam hubungan dan buat suasana pacaran menjadi ceria tanpa harus memikirkan hal-hal yang belum tentu akan terjadi.

3. Tak Memberi Jarak
Berapapun besarnya cinta Anda kepada pasangan, Anda tidak bisa terus bersamanya sehari 24 jam, tujuh hari seminggu. Anda berdua punya pekerjaan, hobi dan ketertarikan masing-masing dan kehadiran pasangan setiap waktu justru bisa membatasi kegiatan Anda itu. Sesekali berikan ruang bagi kalian berdua untuk menjalani kehidupan masing-masing.

Beri kesempatan bagi si dia dan diri sendiri untuk mengembangkan diri; menemukan hal-hal baru yang bisa menambah dinamika dalam hidup. Ketika saatnya bertemu, Anda punya topik baru yang bisa diperbincangkan dengan kekasih dan itu bisa menghindari rasa bosan dalam berhubungan asmara.

4. Tidak Banyak Bergaul
Saat jatuh cinta, banyak pasangan cenderung menganggap dunia hanyalah milik berdua sehingga mengabaikan teman atau orang lain. Anda jadi tak tertarik menghubungi teman untuk sekadar hangout atau curhat. Akibatnya, lingkungan sosial Anda hanya terbatas pada kehidupan Anda sendiri dan pasangan. Seiring semakin lamanya jalinan asmara, perasaan bosan bisa muncul dan ketika ada masalah dengan pasangan, Anda tak punya tempat untuk mengadu dan bertukar pikiran.

Jadi, meskipun sudah memiliki kekasih Anda tetap harus menjaga hubungan baik dengan sahabat, teman sekolah, rekan kerja bahkan tetangga sekitar. Anda tidak tahu apa yang bisa terjadi dalam hubungan dan kapan Anda membutuhkan teman-teman di kala susah.

(kik/kik)