7 Keuntungan dan Kerugian Pacaran Jarak Jauh

- wolipop Rabu, 19 Feb 2014 10:39 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta -

Menjalani cinta jarak jauh atau long distance relationship (LDR) memang tidak semudah hubungan asmara pada umumnya. Perbedaan jarak dan waktu membuat hubungan cukup rentan dengan pertengkaran yang bisa berakhir putus cinta. Inilah keuntungan dan kerugian pacaran jarak jauh.

1. Memiliki 'Me Time'
Keuntungan pacaran jarak jauh adalah Anda bisa memiliki waktu sendiri lebih banyak. Anda memiliki banyak waktu untuk melakukan hal-hal menyenangkan dan melakukan hobi yang Anda suka.

2. Jadi Lebih Mandiri
Tidak ada kekasih di samping Anda, membuat Anda menjadi wanita yang tidak ketergantungan dengan pria. Ini membuat Anda lebih mandiri dan terbiasa melakukan kegiatan sendiri.

3. Lebih Menghargai Pasangan
Perbedaan jarak membuat Anda semakin menghargai waktu bersama pasangan. Ini membuat Anda lebih menghargai kekasih dan menghargai hubungan itu sendiri. Anda dan kekasih mungkin bisa lebih dewasa karena tidak ingin meributkan hal-hal kecil.

4. Lebih Berkomitmen
Dari sebuah penelitian, hubungan jarak jauh membuat seseorang lebih mau berkomitmen. Sebanyak 30 persen pasangan LDR mereka merasa lebih berkomitmen satu sama lain. Bagi sebagian orang hubungan LDR membuat mereka ingin membuktikan bahwa hubungan yang dijalani saat ini begitu berharga.

5. Kesepian
Setiap pasangan LDR juga mersakan kerugian dan kesedihan tersendiri. Salah satu yang paling banyak dirasakan oleh pasangan yang menjalani cinta jarak jauh adalah kesepian. Tidak seperti pasangan pada umumnya yang bisa setiap kali bertemu jika saling rindu. Pasangan LDR harus mampu menahan rindu.

6. Banyak Biaya
Banyak yang setuju, pacaran LDR lebih menghabiskan banyak uang. Anda akan lebih banyak mengeluarkan biaya telepon dan ongkos untuk bertemu mengunjungi kekasih.

7. Rentan Selingkuh
Hubungan jarak jauh rentan akan perselingkuhan. Hadirnya pihak lain yang selalu ada di masa-masa sulit tentu bisa membuat kesetiaan seseorang menjadi goyah. Tidak hanya pria yang rentan akan perselingkuhan, wanita pun bisa tergoda dengan pria lain.

(kik/eny)