Liputan Khusus

60% Wanita Mengaku Pernah Mendapat Kekerasan dari Kekasihnya

- wolipop Jumat, 01 Feb 2013 07:59 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta - Kasus kekerasan yang dialami aktris Ardina Rasti yang diduga dilakukan oleh mantan kekasihnya pesinetron Eza Gianino sedang hangat diperbincangkan. Rasti mengaku dipukul dan ditendang berkali-kali oleh bintang 'Putih Abu-abu' itu hingga pingsan.

Bukan hanya Rasti, dari survei yang diadakan wolipop melalui online, Kamis (31/1/2012), banyak juga wanita yang mengaku pernah menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh kekasihnya. Dari 70 responden, 60 persen di antaranya mengaku pernah mendapatkan siksa psikis dan batin dari pasangan mereka.

"Pernah. Mantan pernah memaki, mukul, nampar dan mencekik," ujar Farah (bukan nama sebenarnya).

Berbeda lagi dengan Diana (bukan nama sebenarnya) yang mengalami kekerasan secara psikis. Mantan kekasihnya sering melarangnya untuk bergaul dan beraktivitas. Jika dibantah, sang mantan akan memaki dan membentaknya.

"Aku dilarang pergi sama teman, kadang dilarang les juga, bahkan untuk pergi sama keluarga aja susah, karena dia selalu mau sama aku. Kalau nolak, dia bisa sangat marah dan membentak," ujar Diana.

Tapi hubungan asmara tidak melulu diwarnai dengan kekerasan fisik, mental, ataupun seksual, 40 persen responden mengaku tidak pernah mengalami tindak penganiayaan tersebut. Banyak responden yang berkomentar dan memberikan saran bila sudah mendapat kekerasan sebaiknya langsung putuskan kekasih.

"Untungnya nggak pernah punya pacar kasar. Kalau punya pacar begitu, jangan pikir dua kali, langsung putusin dan jangan kasih ampun!" ujar Noval (bukan nama sebenarnya).

"Belum pernah punya pengalaman buruk (kekerasan) kaya' gitu. Selama ini selalu dekat dengan orang yang bisa menghargai perempuan. Jangan sampai deh punya pacar kasar, tinggalin aja," ungkap Dewi (bukan nama sebenarnya).

(kik/hst)