5 Kendala yang Paling Sering Dialami Saat Menjalin LDR

- wolipop Senin, 03 Des 2012 08:43 WIB
dok. Thinkstock
Jakarta - Menjalani hubungan long distance relationship (LDR) memang tidak mudah. Jarak yang memisahkan membuat hubungan jarak jauh rentan akan pertengkaran yang berujung pada perpisahan karena jarangnya bertemu.

Masalah dalam LDR bisa dipicu karena berbagai hal mulai dari kepercayaan sampai sulitnya berhubungan. Dirangkum Women for Mag, ini lah beberapa kendala ketika menjalani LDR.

1. Kendala Komunikasi
Perbedaan jarak membuat komunikasi dengan si dia jadi terbatas. Memang saat ini dimudahkan dengan hadirnya berbagai teknologi telepon sampai video call yang memungkinkan untuk bisa saling berkomunikasi dan bertatapan. Namun, terkadang melakukan komunikasi tersebut tidak berjalan mulus karena masalah sinyal. Ketika Anda atau pun si dia sangat rindu atau ada hal yang ingin diceritakan, namun sulit berhubungan karena kendala komunikasi, tentu menjadi kesal yang bisa berujung pada pertengkaran.

2. Masalah Kepercayaan
Dalam hubungan asmara, kurangnya kepercayaan merupakan masalah umum yang sering dilami. Apalagi jika jalinan asmara dipisahkan antar kota atau negara, masalah kepercayaan menjadi 'musuh' utama yang seringkali sulit dihindari oleh pasangan. Anda tidak benar-benar tahu apa yang dilakukannya dan kecurigaan bisa datang kapan saja. Misalkan, kekasih mamang pada saat itu benar-benar sedang sibuk dengan pekerjaannya. Tapi karena kurangnya kepercayaan, maka perasaan insecure atau tidak aman muncul yang berujung pada Anda menuduhnya berbuat yang macam-macam.

3. Kesepian
Ketika Anda sedang merasa kesepian, tentu Anda menginginkan sosok kekasih berada di samping Anda. Namun kehadirannya pun sulit untuk diandalkan. Anda pun semakin merasa sepi dan sendiri. Ini bisa membuat Anda merasa tersiksa dan merasa hubungan yang dijalani tidaklah nyata.

4. Perselingkuhan
LDR bisa mengarah pada perselingkuhan. Anda ataupun dia sama-sama tidak memiliki sosok yang berada di samping masing-masing. Kemudian hadirlah seseorang yang bisa diajak bicara (terutama lawan jenis) yang selalu ada di samping Anda ataupun kekasih. Sangat memungkinkan hubungan tersebut berlanjut, karena merasa lebih nyata dibanding hubungan asmara saat ini yang sedang dijalani.

5. Perbedaan Waktu
Perbedaan waktu bisa menjadi masalah bagi pasangan yang menjalani LDR beda benua. Bukan semata-mata karena perbedaan waktu secara fisik, tapi juga mental masing-masing pasangan. Ketika waktu menjelang tidur, si dia baru memulai aktifitasnya, begitu sebaliknya. Sehingga, untuk saling berkomunikasi bisa dikatakan menjadi sulit dan penuh dengan kendala.

Hubungan jarak jauh bisa berhasil jika masing-masing pasangan dapat berpikir secara positif, karena itulah elemen penting dalam menjalin hubungan. Selain itu memiliki tujuan hubungan. Komunikasikan dari awal dengan kekasih, akan dibawa kemana hubungan asmara. Bisa dikatakan LDR penuh dengan pengorbanan dan perjuangan, jika Anda atau pasangan tidak tahu arah hubungan, itu hanya akan membuang-buang waktu saja.

(kik/kik)