ADVERTISEMENT

Berikut 5 Tanda Kalau Kitchen Set Harus Diganti, Pernah Mengalaminya?

Dea Duta Aulia - wolipop Sabtu, 21 Jan 2023 12:03 WIB
Kitchen Set Foto: ACE Hardware
Jakarta -

Kitchen set berkualitas akan tahan lama dan bisa dipakai sampai bertahun-tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan kalau kabinet dapur rusak karena penggunaan yang berlebihan atau masalah lainnya.

Jika kabinetnya rusak, tentu hal ini akan mengganggu produktivitas, mengancam keamanan, dan mengurangi higienitas di dapur. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa tanda-tanda kalau kitchen set milikmu sudah rusak dan harus diganti.

1. Tidak Berfungsi Optimal

Kalau kitchen set tidak berfungsi secara optimal, seperti pintunya susah dibuka hingga sulit diakses, maka ini menjadi tanda kalau kamu perlu mengganti kabinet. Hal ini juga berlaku kalau pintu kabinet yang mudah terbuka dan terbanting. Soalnya, hal tersebut menunjukkan kalau engselnya sudah mulai rusak.

2. Dimakan Rayap

Kitchen set berbahan kayu memang rawan rusak karena rayap atau serangga. Bila rangka kayu sudah dimakan rayap, maka kamu akan kesulitan buat mengebor lubang untuk memasang engsel baru di sisi kabinet. Soalnya bekas gigitan rayap tidak dapat menopang struktur kabinet. Untuk mengatasinya, kamu dapat menggunakan pembasmi khusus rayap dan memeriksanya secara berkala.

3. Kayu Lapuk

Selain rayap, masalah kitchen set berbahan kayu adalah air. Semakin banyak air yang ada di sekitar kabinet, maka kayunya akan lapuk dan strukturnya melunak. Beberapa tanda kalau kayu sudah lapuk adalah bentuknya yang melengkung dan warna kayunya menghitam.

4. Bau

Bila kamu memiliki kitchen set yang sudah tua dan jarang dibersihkan akan mengeluarkan aroma bau tak sedap. Aroma tersebut biasanya berasal dari peralatan yang menumpuk dan bercampur dengan kayu. Namun setelah dibersihkan masih tercium bau apek dan pengap, tandanya kamu sudah perlu mengganti atau memperbaiki kitchen set.

5. Berjamur

Ada berbagai penyebab kitchen set jadi berjamur seperti terkena air dan terlalu banyak uap. Jika dibiarkan dalam waktu lama, maka jamur akan terus berkembang, merusak permukaan kabinet, dan mengancam kesehatan tubuh. Tentunya ini tanda kalau kita perlu mengganti kitchen set dengan yang baru.

Kamu bisa menemukan berbagai model kitchen set terbaru dan berkualitas hanya melalui ruparupa. Situs belanja ini menawarkan harga kitchen set mulai dari Rp 1 jutaan. Selain itu, harga rak besi dan perabot lainnya juga lebih terjangkau.

Seluruh furniture dan perlengkapan rumah tangga tersebut berasal dari merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Informa Electronics, Informa Sleep, Pendopo, Toys Kingdom, Ataru, Krisbow, Pet Kingdom, Selma, Susen, Chatime, Ashley, Eyesoul, dan masih banyak lagi.

(fhs/ega)