ADVERTISEMENT

Pertama Kali Beli Mesin Cuci? Ini Hal yang Harus Jadi Pertimbangan

Yudistira Imandiar - wolipop Rabu, 13 Jul 2022 16:12 WIB
Ilustrasi Cucian Foto: Shutterstock
Jakarta -

Mesin cuci menjadi salah satu alat elektronik penting di rumah. Bayangkan saja betapa repotnya jika Anda harus mencuci pakaian secara manual. Selain menguras tenaga, Anda juga kehilangan waktu untuk mengerjakan pekerjaan lainnya.

Ada beragam jenis mesin cuci yang bisa Anda beli di pasaran, seperti model satu tabung, dua tabung, front load, top load, dan sebagainya.

Setiap jenis mesin cuci punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika masih bingung berikut ini hal-hal yang dapat jadi pertimbangan saat memilih mesin cuci sesuai kebutuhan.

1. Tipe Mesin Cuci

Anda dapat memilih mesin cuci satu tabung atau dua tabung. Mesin cuci satu tabung menggunakan sistem pengoperasian otomatis. Singkatnya, Anda tinggal menentukan setelan mencuci, seperti berapa kali membilas dan sebagainya, lalu mesin cuci akan memproses hingga mengeringkan pakaian secara otomatis.

Mesin cuci satu tabung tentu memberikan kepraktisan dalam mencuci pakaian, tapi konsekuensinya harganya lebih tinggi dari mesin cuci dua tabung atau manual. Mesin cuci manual pun bisa jadi pilihan yang lebih terjangkau.

2. Kapasitas Tabung

Mesin cuci satu atau dua tabung memiliki beberapa pilihan kapasitas tabung. Jika Anda punya banyak anggota keluarga sebaiknya pilih kapasitas tabung besar agar lebih efektif dalam mencuci. Tapi, untuk keluarga kecil cukup pakai mesin cuci dengan ukuran tabung lebih kecil.

3. Jenis Bukaan Tabung Mesin Cuci

Mesin cuci satu tabung punya dua variasi bukaan tabung, yakni front load dengan bukaan berada di sisi depan dan top load dengan bukaan di sisi atas mesin cuci. Nah, jenis bukaan tabung ini bisa disesuaikan dengan layout rumah.

Misalnya, jika Anda ingin menempatkan mesin cuci tersembunyi di bawah rak atau bawah tangga agar efisien, mesin cuci front loading lebih cocok dipilih. Tapi, jika ingin lebih mudah memasukkan dan mengeluarkan pakaian, pilih saja mesin cuci top loading.

4. Konsumsi Daya Listrik

Konsumsi daya listrik mesti jadi pertimbangan saat memilih mesin cuci. Hal ini penting agar biaya listrik rumah tak membengkak. Pilihlah produk yang punya konsumsi daya listrik rendah, tapi punya kemampuan mencuci yang maksimal.

5. Pemakaian Air

Dengan teknologi terkini, mesin cuci dapat bekerja secara maksimal menggunakan debit air yang tergolong kecil. Hal ini membuat pemakaian air PAM atau biaya listrik untuk pompa air di rumah tak membengkak.

Salah satu mesin cuci yang tergolong hemat daya listrik dan air adalah Polytron Zeromatic Laguna. Rangkaian produk mesin cuci Zeromatic Laguna dilengkapi Zeropressure Technology yang dapat menghemat penggunaan air hingga 30 persen dibandingkan mesin cuci pada umumnya.

Ilustrasi CucianPolytron

Fitur lain yang jadi keunggulan mesin cuci Zeromatic Laguna, yakni Aroma Boost & Turbo Mix. Fitur ini memastikan deterjen jenis bubuk maupun cair tercampur sempurna dengan air, serta mengatur pengeluaran softener secara efisien hanya pada proses pembilasan. Alhasil, pakaian menjadi sangat bersih dan wangi setelah dicuci.

Selain itu, Zeromatic Laguna dilengkapi dengan Multi Program Washing. Sehingga pengguna dapat menyesuaikan mode pencucian dengan bahan yang dicuci. Dengan begitu, pakaian menjadi lebih awet dan tidak rentan rusak akibat proses pencucian, khususnya pada pakaian yang bahannya lembut.

Jika Anda kerap mengalami noda masih menempel di pakaian usai dicuci, dengan Zeromatic Laguna hal itu dapat dihindari. Sebab, mesin cuci ini dilengkapi dengan program merendam serta terdapat fitur spin yang bekerja seperti proses mengucek.

Mesin cuci Polytron Zeromatic Laguna pun sangat mudah dioperasikan, cukup dengan satu tombol untuk menjalankan seluruh rangkaian proses pencucian.

Untuk mengetahui informasi detail Polytron Zeromatic Laguna bisa langsung kunjungi website di sini dan bisa juga di dapatkan di official store e-commerce Polytron.



Simak Video "Di Balik Kecanggihan Polytron Mini LED Quantum 85 Inch"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)
Breaking News
×
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres
Pengungkapan Keluarga Tewas di Kalideres Selengkapnya