ADVERTISEMENT

Review Dyson Purifier Cool Formaldehyde, Menjernihkan Udara & Menyejukkan

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 26 Jun 2022 15:00 WIB
Dyson Purifier Cool Formaldehyde Foto: dok. Dyson
Jakarta -

Udara yang kita hirup di dalam rumah tidak selamanya bersih. Terlebih sepekan belakangan ini, kualitas udara Jakarta masuk kategori terburuk di dunia.

Menghirup udara yang tidak segar bisa menjadi penyebab infeksi tenggorokan, iritasi kulit sampai asma. Di situlah pentingnya menggunakan air purifier di dalam rumah.

Wolipop mencoba air purifier dari Dyson yakni tipe Dyson Purifier Cool Formaldehyde (TP09). Berbeda dari seri sebelumnya Dyson Purifier Cool atau TP07, produk air purifier terbaru ada embel-embel Formaldehyde.

Apa itu Formaldehida?

Formaldehida adalah bahan kimia yang tidak berwarna, berbau kuat, mudah terbakar yang diproduksi secara industri dan digunakan dalam bahan bangunan seperti papan partikel, kayu lapis, dan produk kayu yang biasa ada di furnitur rumah. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana ini bisa terjadi di rumah Anda. Formaldehida juga merupakan produk dari pembakaran seperti emisi dari kompor gas, pemanas ruangan minyak tanah, asap rokok, lem, cat, beberapa produk kertas, pupuk dan pestisida.

Racun dari formaldehida bisa terpapar lewat menghirup udara. Faktanya, meski terpapar dalam jumlah kecil, seseorang bisa tetap berefek buruk pada kesehatan seperti iritasi kulit, mata, hidung dan tenggorokan. Sedangkan paparan tingkat tinggi memicu beberapa jenis kanker.

Produk DysonProduk Dyson Foto: Dok. Dyson

Spesifikasi Dyson Purifier Cool Formaldehyde

Dyson Air Purifier Cool Formaldehyde menggunakan sensor solid-state untuk mendeteksi molekul formaldehida - 500 kali lebih kecil dari 0,1 mikron. Kemudian filter khusus penghilang formaldehida, yang dikenal sebagai filter Selective Catalytic Oxidation (SCO), akan secara khusus menargetkan formaldehida dan menghancurkannya pada tingkat molekuler.

Filter SCO yang digunakan oleh Dyson dapat bertahan secara permanen untuk menghilangkan Formaldehida tanpa perlu diganti. Dyson Air Purifier Cool Formaldehida dapat memurnikan semua udara di ruangan besar. Sebagai gambaran, ruangan tersebut akan hadir dengan panjang 5,2 meter, lebar 5,2 meter, dan tinggi 3 meter.

Untuk kipasnya, memiliki kecepatan hingga 10 tingkatan yang bisa dikontrol lewat remote atau lewat aplikasi Dyson Link. Kipas juga bisa dikendalikan perputarannya sampai 350 derajat. Pada mesin generasi terbaru ini, perangkat ini memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah hingga 20% dari generasi sebelumnya dengan suara 61 dB.

Real Time Monitoring

Bagaimana mengetahui jika air purifier bekerja menyaring udara secara maksimal? Pada komponen produknya ada LCD yang langsung menunjukkan informasi kualitas udara. Sensor internal akan terus menganalisa kualitas udara Anda dan menampilkan pembacaan akurat secara langsung di LCD. Untuk mengetahui lebih tentang kualitas udara dan mengontrol mesin bisa lewat aplikasi Dyson Link.

Uji Coba

Saya menaruh Dyson Purifier Cool Formaldehyde di ruang keluarga yang jaraknya kurang lebih 50 meter dari dapur. Saya mulai memasak, dan asap dari masakan tentu menjadi polutan. Dari aplikasi Dyson Link terlihat, kualitas udara ruangan menjadi poor atau buruk. Sekitar 30 menit, perangkat tersebut memang benar bisa memurnikan udara yang menjadi 'fair' dan kualitas udara terdeteksi kembali 'hijau'.

Untuk suara kipas sendiri masih cukup terdengar terlebih jika kecepatannya 10, namun pada kecepatan 5, suara kipas hampir tidak terdengar. Fitur kipasnya pun cukup sejuk, namun jangan berharap seperti kipas konvensional yang akan mengeluarkan banyak angin. Kipasnya tidak akan membantu banyak di udara yang panas.

Saya juga mencoba mode malam yang bekerja memurnikan udara di malam hari, dan dengan suara yang hening. Jika digabungkan dengan pemakaian AC di dalam ruangan, udara yang keluar dari air purifier ini pun jadi semakin sejuk.

Harga

Memang benar ada harga, ada kualitas. Untuk mendapatkan air purifier Dyson Purifier Cool Formaldehyde, Anda harus merogoh kocek Rp 13.650.000.



Simak Video "Potret Kebersamaan Kaesang dan Erina Gudono di Upacara HUT ke-77 RI"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)