Ini 4 Cara Aman Memakai Water Heater di Rumah

Sponsored - wolipop Kamis, 21 Apr 2022 13:48 WIB
Ilustrasi Water Heater Ariston Foto: Dok. Ariston
Jakarta -

Pemakaian water heater di rumah tangga penting terutama untuk memenuhi kebutuhan penghuni rumah akan alat elektronik yang sanggup memanaskan air dalam waktu singkat. Meski begitu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan water heater.

Water heater yang berkualitas tentunya harus mudah dipakai, sekaligus mudah dipasang dan harus aman dipakai. Sebetulnya bila perangkat pemanas air sudah dibekali sistem safety yang baik, penggunanya tidak perlu khawatir berlebihan.

Namun ada beberapa hal yang harus diketahui untuk mengamankan pemakaian water heater di rumah, mengingat alat elektronik satu ini dipasang di area yang basah seperti kamar mandi.

Tidak Memasang Colokan Water Heater Sembarangan

Sebaiknya tidak memasang pemanas air listrik di sumber colokan, steker, atau stop kontak yang dipakai berbarengan dengan perangkat elektronik lain. Selain bisa memunculkan insiden seperti kesetrum, perilaku tersebut juga bisa memicu korsleting listrik.

Akan lebih aman rasanya untuk memasang water heater di colokan listrik atau stop kontak yang menyediakan fitur on/off. Selain itu pastikan colokan listrik memenuhi standar SNI untuk menjaga keamanan penggunanya.

Pasang Colokan Listrik yang Jauh dari Air

Instalasi listrik pemanas air mau tidak mau harus dipasang di dalam kamar mandi, sehingga rawan terkena cipratan air yang menyebabkan korsleting. Untuk mengantisipasinya, pasang colokan atau steker di posisi yang lebih tinggi dari lantai, supaya aman dari cipratan air yang menyebabkan korsleting.

Pilih Water Heater dengan Fitur ELCB

Fitur ELCB berguna untuk memutus aliran listrik seketika, terutama ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting atau arus tinggi mendadak. Selain itu fitur ELCB di dalam water heater juga berfungsi sebagai alat pengaman, yang membantu penggunanya terhindar dari sengatan listrik.

Jangan Salah Pasang

Kalau baru membeli water heater baru, sebaiknya menggunakan jasa pemasangan yang disediakan service center resmi. Dengan begitu bisa menghindari kesalahan pemasangan yang menyebabkan perangkat tidak bekerja sempurna.

Memakai water heater di rumah tentu jadi solusi yang sempurna untuk orang yang membutuhkan air hangat dalam waktu singkat tanpa perlu repot memanaskan air menggunakan kompor. Nah, supaya pengalaman mandi air hangat pakai pemanas air terbaik jadi lebih sempurna, jangan lupa perhatikan aspek keamanan pemasangannya.

Untuk yang masih bingung mencari mencari produk pemanas air terbaik yang mewah dan aman digunakan, langsung saja pilih water heater ARISTON. Sebagai brand kelas dunia yang sudah berpengalaman dalam industri water heater selama lebih dari 90 Tahun, Ariston sangat mementingkan keamanan dari produknya.

Semua produk Ariston Water Heater, sudah dilengkapi dengan fitur ELCB yang dapat mencegah kebocoran arus listrik di dalam water heater, jadi bisa dipastikan lebih aman dan berkualitas.Selain itu, service center ARISTON juga siap melayani pelanggan dalam mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaan water heater.

Jangan ragu lagi pilih pemanas air. Pilih yang pasti saja. ARISTON jawabannya.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/ARISTON)