4 Kesalahan Desain Dapur yang Sering Terjadi, Jangan Ditiru!

Jihaan Khoirunnisaa - wolipop Kamis, 14 Apr 2022 17:29 WIB
Interior dapur. Foto: Shutterstock
Jakarta -

Bagi yang hobi memasak, dapur menjadi area terpenting, bahkan menjadi 'jantung' dari sebuah rumah. Oleh karena itu, tata letak serta desainnya harus diperhatikan sedemikian rupa supaya kegiatan memasak jadi lebih nyaman.

Kendati demikian, membuat desain dapur tidak semudah yang dibayangkan. Tak sedikit orang yang melakukan kesalahan saat menata dapur di rumah. Hasilnya, dapur menjadi kurang enak dipandang dan membuat kegiatan di dalamnya kurang efisien. Merangkum Insider, berikut 4 kesalahan dalam menata dan mendesain dapur di rumah yang mesti dihindari.

1. Penataan yang Salah

Kesalahan pertama yang sebaiknya dihindari yaitu penataan peralatan dapur yang tidak tepat. Agar nyaman, letak peralatan tidak hanya harus mempertimbangkan estetika dan keindahan, tapi juga fungsi dari alat tersebut saat digunakan memasak.

Sesuaikan posisi alat dapur dengan tinggi tubuh, jangan terlalu rendah apalagi terlalu tinggi. Adapun tinggi yang ideal biasanya sebatas pinggang.

2. Tempat Penyimpanan Terbatas

Selain tidak merencanakan tatanan dapur, kebanyakan orang lupa memikirkan masalah storage untuk menyimpan piring, panci, dan alat lainnya. Alhasil, banyak alat yang berserakan sehingga membuat dapur terlihat berantakan. Aktivitas memasak makanan pun jadi tidak leluasa.

Solusinya pikirkan penyimpanan untuk setiap barang, terlebih untuk panci yang berukuran cukup besar. Jika tidak ada kabinet, maka Anda dapat menggunakan kontainer untuk menyimpan barang-barang tersebut.

3. Memasang Kabinet yang Tidak Mencapai Langit-langit

Seorang principal desainer, Adriana Hoyos menyarankan agar menghindari pemasangan kabinet atau lemari di dapur yang tidak mencapai langit-langit. Karena artinya terdapat celah cukup besar antara bagian atas lemari dan langit-langit. Celah tersebut akan sulit untuk dibersihkan, dan bisa menjadi sarang bagi debu dan kotoran. Solusinya, Anda bisa menutup celah tersebut menggunakan soffit.

4. Tidak Menambahkan Warna

Kulkas PolytronKulkas Polytron Foto: dok. Polytron

Sebagai tempat memasak, mendesain dapur bukan berarti harus polos dan apa adanya. Tidak ada salahnya bila memberikan sentuhan warna pada dapur, misalnya dengan menambahkan lukisan kecil. Selain itu, Anda dapat menggunakan perabot seperti lemari es Polytron Belleza untuk membuat dapur terlihat cantik, tapi tetap fungsional.

Desainnya mewah dengan modern, berhiaskan corak bunga yang terinspirasi dari alam. Corak bunganya cantik berpadu dengan warna yang realistis yang bikin tampilan dapur makin sedap dipandang.

Kulkas PolytronKulkas Polytron Foto: dok. Polytron



Kulkas Polytron Belleza memiliki tempered glass door terbaru yang awet. Bahkan diklaim 5x lebih kuat dari pintu kulkas pada umumnya. Hal ini menjadikan perpaduan antara keindahan dan kekuatan semakin sempurna.

Kulkas PolytronKulkas Polytron Foto: dok. Polytron

Tidak hanya itu saja, kulkas dua pintu dari Polytron ini juga dilengkapi tempered glass rock yang 20x lebih kuat dari rak plastik biasa, untuk membantu menyimpan beragam stok makanan di dalam kulkas.



Simak Video "Melihat Konsep Jawa Klasik untuk Pernikahan Ketua MK-Adik Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(ads/ads)