ADVERTISEMENT

Cerita Pemilik Rumah Tipe 36 Viral, Ada Kolam Renang

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 19 Mar 2022 08:00 WIB
Rumah Tipe 36 dengan Kolam Renang Rumah tipe 36 yang viral karena memiliki kolam renang. (Foto: Instagram/@fziah.ratna)
Jakarta -

Rumah keluarga Fziah Ratna berhasil membuat netizen terkesima. Betapa tidak, ia tinggal di sebuah rumah dengan luas terbatas, tapi masih dilengkapi kolam renang.

Rumahnya viral di TikTok, ibu satu anak ini kebanjiran pujian dan pertanyaan terkait pembuatan kolam renang untuk halaman kecil.

"Alhamdulillah, apa yang kami sharing bisa menginsprasi orang. Responsnya sangat positif, jadi saya lebih bersemengat berbagi inspirasi, khususnya tentang rumah kami," ungkap Fziah kepada Wolipop, Jumat (18/3/2022).

Ia menceritakan, rumah yang berlokasi di sebuah cluster di Bekasi, Jawa Barat, itu dibelinya pada 2018. Rumahnya bertipe 36, tapi memiliki luas tanah 108 meter persegi.

Dengan luas yang seadanya, tak pernah terpikirkan di benak Fziah dan suami untuk memiliki kolam renang pribadi. Sampai akhirnya, anaknya menyampaikan impian untuk bisa berenang di kolam sendiri.

Rumah Tipe 36 dengan Kolam RenangRumah tipe 36 dengan kolam renang. (Foto: Instagram/@fziah.ratna)

"Idenya justru datang dari anak kami. Dia pengin banget punya kolam renang di rumah," ujar Fziah.

Ia dan suami memang sudah memiliki rencana merenovasi rumah, tapi keinginan sang anak tak langsung diwujudkan. Merapikan bagian depan rumah dan meninggikan tembok halaman belakang menjadi prioritas. Renovasi secara bertahap pun dimulai pada 2018.

"Akibat renovasi, bujet jadi menipis, sedangkan anak sudah pengin banget punya kolam renang. Jadi kami pakai kolam renang portable dulu," kenangnya.

Baru pada awal 2020, proses pembangunan kolam renang akhirnya terealisasi. Dengan modal referensi desain dari internet dan tenaga tukang, mereka mewujudkan kolam renang impian di halaman belakang. "Kalau pakai kontraktor kolam renang, harganya jauh dari bujet kami," kata Fziah.

Biaya yang keluar untuk membangun kolam renang berdimensi 6 x 3 x 1 meter sebesar Rp 35 juta. Harga tersebut juga termasuk pembuatan taman di halaman belakang.

Rumah Tipe 36 dengan Kolam Renang(Foto: Instagram/@fziah.ratna)

Untuk filter, mereka mengandalkan sistem tiga bak chamber yang sederhana sehingga bisa menekan biaya listrik. "Harganya sekitar Rp 200.000 - Rp 300.000 untuk listrik pompa sirkulasi, berikut kaporit dan trusinya," katanya.

Fziah mengatakan, kolam renangnya memang tidak sesempurna di rumah-rumah mewah. Namun, ia tetap bersyukur kolam tersebut cukup untuk membuat keluarganya bahagia dan rumah terasa semakin homey.

Ia pun berbagi tips buat mereka yang mendambakan kolam renang tapi luas rumah terbatas. "Banyak-banyak cari referensi di internet, karena banyak orang yang suka berbagi inspirasi dengan denah rumahnya. Lalu kita sesuaikan dengan lahan dan bujet. Artinya apa? Jangan terlalu memaksakan bila tidak sesuai. Yang penting fungsi dapat, bujetnya pas. Tentunya, prioritaskan kenyamanan," sarannya.



Simak Video "Viral Anak Menangis Ingin Dijemput Sekolah Ibunya, Ini Kata Kak Seto"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)