6 Dekorasi Ruang Tamu Minimalis yang Cocok untuk Rumah Kecil

Arina Yulistara - wolipop Rabu, 02 Mar 2022 11:30 WIB
Glamour living room interior with a pink sofa, golden armchair and tables, painting and checkered tiles. Real photo Inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis. Foto: Getty Images/iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz
Jakarta -

Sedang mencari inspirasi dekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil? Jangan khawatir, dekorasi ruang tamu minimalis dengan lahan terbatas tetap bisa terlihat aesthetic kok.

Buat kamu yang tinggal dalam hunian tipe 36 atau 45 seperti rumah subsidi maka perlu siasat dalam mendekorasi ruang tamu minimalis. Hindari furniture besar saat mendekorasi ruang tamu minimalis yang mungil.

Perhatikan barang-brang yang bakal ditempatkan saat mendekorasi ruang tamu minimalis. Bagi yang belum ada ide membuat dekorasi ruang tamu minimalis yang mungil terkesan lebih luas atau mewah, bisa ikuti tips berikut ini.

Simak cara mendekorasi ruang tamu minimalis di rumah yang kecil:

1. Pilih Furniture Multifungsi untuk Ruang Tamu Minimalis

Pilih furniture multifungsi saat mendekorasi ruang tamu minimalis. Furniture multifungsi akan membantu memanfaatkan ruang ketika mendekorasi ruang tamu minimalis.

Bohemian living room interior 3d render with  beige colored furniture and wooden elements and light blue colored wallDekorasi ruang tamu minimalis. Foto: Getty Images/CreativaStudio

Furniture multifungsi cocok sebagai dekorasi ruang tamu minimalis ketika ruang tamu juga sering digunakan sebagai kantor bahkan lingkungan belajar anak-anak selama pandemi.

"Perabotan multifungsi menjadi tren yang berkembang karena saat kita harus karantina selama pandemi maka kita semua perlu memikirkan kembali menggunakan ruang dalam rumah semaksimal mungkin. Kita butuh ruang yang fleksibel," terang desainer Rasheeda Gray seperti dilansir dari Apartment Therapy.

2. Kombinasi Warna

Dilansir dari Vogue Living, kamu bisa melakukan kombinasi warna yang aesthetic saat mendekorasi ruang tamu minimalis. Berhati-hati saat menambahkan warna ketika mendekorasi ruang tamu minimalis yang sempit.

Modern living room interior with sofa. 3d RenderDekorasi ruang tamu minimalis. Foto: Getty Images/asbe

Pilih beberapa campuran warna yang bagus untuk dikombinasikan bersama-sama. Namun tak disarankan lebih dari tiga warna dalam ruang tamu agar tetap mewah dan minimalis.

Kamu bisa memilih nuansa abu-abu, cokelat, dan biru. Konsep hitam-putih juga bisa membuat dekorasi ruang tamu minimalis tetap elegan.

3. Tambahkan Karpet untuk Ruang Tamu Minimalis

Kamu bisa menambahkan karpet saat mendekorasi ruang tamu minimalis. Karpet menjadi salah satu item yang mempercantik dekorasi ruang tamu minimalis.

Karpet menambahkan begitu banyak kehangatan, karakter, dan kenyamanan dalam setiap ruangan di rumah. Karpet yang tepat benar-benar bisa mengubah ruangan dan bertahan meski dipakai bertahun-tahun.

Modern Living Room Interior With Comfortable SofaDekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Foto: Getty Images/onurdongel

"Ada beberapa bagian rumah yang memiliki kekuatan untuk menyatukan ruangan seperti karpet. Karpet membuat ruangan terasa hangat dan bisa mengatur suasana dengan baik. Karpet juga membantu membagi ruangan tanpa partisi," ujar Danielle Chiprut selaku desainer interior, seperti dilansir dari The Spruce.

Penting mempertimbangkan ukuran, material, dan penempatan karpet saat mendekorasi ruang tamu minimalis. Untuk area dengan lalu lintas tinggi maka tidak cocok memilih karpet yang terbuat dari bahan viscose atau licin.

"Itu terlalu halus dari serat. Cobalah karpet 100% nilon, wol, dan serat sintesis lainnya," saran desainer Kelsey Haywood.

4. Pakai Lampu Gantung yang Simpel

Ingin membuat dekorasi ruang tamu minimalis agar terkesan lebih mewah? Coba dekorasi ruang tamu minimalis menggunakan lampu gantung.

Modern living room setup with classic parquet floor. Furnished with light gray sofa, blue arm chair with wooden frame, modern blue ceiling lamp, wooden coffee table and gray carpet.Dekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Foto: Getty Images/imaginima

Pilih model lampu gantung yang simple tapi kekinian. Hindari menggunakan lampu kristal besar pada ruang tamu sempit karena akan terkesan memaksa.

Sesuaikan saja warna lampu gantung dengan nuansa sekitarnya. Bisa pilih warna netral seperti hitam atau putih kalau merasa bingung.

5. Cermin Dinding untuk Ruang Tamu Minimalis

Dekorasi ruang tamu minimalis selanjutnya dengan menambahkan cermin pada dinding. Penggunaan cermin besar dalam dekorasi ruang tamu minimalis yang sempit akan memberikan ilusi ruang lebih luas.

Jika budget terbatas, coba manfaatkan saja hiasan dinding berupa stiker cermin, seperti bentuk hexagonal atau persegi. Banyak dijual lewat marketplace dan bisa diatur sesuai seleramu.

6. Tambahkan Tanaman Hias


Sedikit memberikan sentuhan alam pada dekorasi ruang tamu minimalis bisa menghilangkan suasana kebosanan dalam ruangan. Tambahkan tanaman hias saat mendekorasi ruang tamu minimalis yang akan membuatmu dan keluarga merasa lebih dekat dengan alam.

Three blank photo frame for mockup and sideboard in living room, 3D renderingDekorasi ruang tamu minimalis untuk rumah kecil. Foto: Getty Images/iStockphoto/wuttichaijangrab

Tanaman hias hijau tentu selalu menjadi pilihan terbaik. Pilih tanaman hias dengan tangkai besar yang berwarna hijau dan beberapa pot kecil di rak dinding.

Mendekorasi ruang tamu minimalis yang aesthetic bisa dengan menata tanaman hias pada ketinggian yang bervariasi di bagian sudut. Tentu membantu dekorasi ruang tamu minimalis menjadi lebih dinamis.

Bagaimana dengan dekorasi ruang tamu minimalis favoritmu?



Simak Video "Pesona IU-Kang Dong Won di Red Carpet Cannes Film Festival"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)