Liputan Khusus Jasa Rumah Aesthetic

Tren Jasa Menata Rumah Jadi Aesthetic, Simpel dan Rapi Anti Ribet

Gresnia Arela Febriani - wolipop Selasa, 04 Jan 2022 15:14 WIB
layanan pembuatan sistem home organizing, design and build. Jasa menata rumah jadi rapi dan aesthetic. Foto: Dok. Instagram @professionalorganizerid.
Jakarta -

Jika kamu baru pindah rumah atau tak ada waktu untuk menata rumah karena kesibukan sehari-hari, kamu tak perlu khawatir karena kini ada jasa desainer interior yang bisa jadi pilian untuk menata rumah. Jasa menata rumah menjadi aesthetic kini pun jadi tren tersendiri di kalangan pecinta interior.

Jasa desainer tersebut akan menawarjan konsep penataan rumah yang sesuai dengan keinginan kamu, dengan penataan yang tepat dan rumah menjadi aesthetic. Salah satu jasa desainer interior tersebut adalah Professional Organizer.

Apa saja jasa yang ditawarkan? Untuk mengetahui lebih dalam, Wolipop sudah berbincang dengan Tiara Astari, sebagai pemilik Professional Organizer. Ia menceritakan awal mula berdirinya Professional Organizer (POI).

"POI dibentuk di tahun 2018. Kami mengawali bisnis sebagai usaha kecil terdiri atas dua orang, lalu melegalkan badan usaha kami dalam bentuk PT di tahun 2021," ungkap Tiara kepada Wolipop lewat email.

layanan pembuatan sistem home organizing, design and build.layanan pembuatan sistem home organizing, design and build. Foto: Dok. Instagram @professionalorganizerid.

Ia mengungkapkan alasannya mendirikan jasa menata rumah berawal dari hobi beberes rumah. "Sejak usia remaja saya memiliki hobi menata rumah dan memperhatikan kebiasaan orang lain. Hobi tersebut semakin terarah ketika saya memulai decluttering journey sekaligus self-healing di tahun 2017," kata Tiara.

"Di awali dari membaca buku Konmari, menata ulang seluruh rumah sesuai metode dan urutannya dan mempraktekkan sebagai pekerja lepas di tahun yang sama. Baik saya maupun teman-teman saya merasakan perubahan instan maupun jangka panjang dalam hidup," lanjutnya.

Tiara lalu mengamati bahwa menata rumah terkesan "mudah", namun tidak semua orang mampu melakukannya sendiri. Apalagi jika mempelajarinya secara otodidak, akan mengalami berbagai hambatan, baik teknis maupun mental.

"Perlu kesiapan dan kejujuran. Kebanyakan orang mampu memulai tapi tidak mampu menyelesaikan, atau tidak mampu membuat orang lain bisa melanjutkan. Itulah yang membuat organizing itu unik dan saya tertarik untuk mendirikan POI di tahun 2018," ucapnya.

Selain itu hal lain yang membuat ia tertarik mendirikan POI adalah karena yakin banyak orang-orang yang memiliki hobi yang sama dan ingin menjadi professional organizer di lingkungannya. Dia pun berharap POI dapat memberikan stimulasi untuk kemunculan jasa menata rumah aesthetic lainnya.

Tiara sendiri tidak bekerja sendirian. Dalam Professional Organizer ada lima tim dan sepuluh orang trained freelancer. Tim Professional Organizer juga sudah memiliki sertifikat resmi.

"Professional Organizer yang menjadi project lead mengambil sertifikasi di International Association of Professional Organizer (IAPO). Kami merupakan member di National Association and Productivity & Organizing Professionals (NAPO) dan juga memiliki seorang Konmari Consultant. Ketiga organisasi ini berpusat di US," jelas Tiara.

Tim Professional Organizer.Tim Professional Organizer. Foto: Dok. Instagram @professionalorganizerid.

Jasa Menata Rumah

Tiara menawarkan jasa yang fokusnya pada layanan pembuatan sistem home organizing, design and build atau pembuatan storage yang berupa tempat penyimpanan seperti sekat, ambalan, kotak, laci dan lainnya.

"Beberapa klien yang menggunakan jasa kami memiliki masalah organizing hingga memerlukan modifikasi furniture. Saat ini kami bisa mengorganize seluruh ruangan dan memiliki komposisi tim yang berbeda-beda (contoh: untuk walk in closet dan gudang memiliki tim yang berbeda)," lanjut Tiara.

"Kami memiliki metode yang diciptakan sendiri dan sudah kami patenkan terdaftar dalam HAKI yaitu Select, Organize, Review, Transform, Simplify (S.O.R.T.S). Setiap layanan home organizing kami menggunakan metode kerja tersebut, dan setiap client yang sudah melewati satu tahap S.O.R.T.S dengan POI akan kami namakan "SORTS Graduate" untuk selanjutnya dapat menikmati beberapa kemudahan dalam layanan lanjutan," lanjutnya lagi.

Saat ini jangkauan layanan POI baru sampai Jabodetabek. Pada 2022, pengerjaan di luar kota dapat dilakukan dengan tanggungan akomodasi minimal dua orang.

layanan pembuatan sistem home organizing, design and build.layanan pembuatan sistem home organizing, design and build. Foto: Dok. Instagram @professionalorganizerid.

Keluhan dan Kesulitan Menata Rumah

Menurut Tiara keluhan klien yang menggunakan jasa menata rumahnya bervariasi. Akan tetapi yang menduduki peringkat pertama dalam survei penyebab utama disorganization adalah terlalu banyak barang.

"Diikuti dengan tidak adanya sistem baik storage, furniture maupun dukungan dari orang-orang serumah. Sebagai professional organizer, menurut kami setiap ruangan dan rumah memiliki challenge yang berbeda-berbeda dan tidak ada yang terlalu sulit dari sisi organizingnya selama furniture dan storage memadai," ujarnya.

"Menurut kami bagian yang paling sulit untuk kami adalah pengaturan waktu dan mengajak client untuk selalu terlibat di dalamnya ketika dibutuhkan, terutama ketika fase select (decluttering) atau pemilahan dan Review (Analisis Zona Penataan)," tuturnya lagi.

layanan pembuatan sistem home organizing, design and build.layanan pembuatan sistem home organizing, design and build. Foto: Dok. Instagram @professionalorganizerid.

Lalu karena Professional Organizer bekerja sangat mobile, maka ruangan yang kecil atau yang membutuhkan banyak pergerakan naik turun tangga sangat berpengaruh terhadap kecepatan kerja. Contohnya di rumah tingkat dan terutama apartemen.

Bagi kamu yang ingin memakai jasa menata rumah. Tiara memberikan daftar harga yang sudah sudah tercantum di situs resi Professional Organizer.

"Jenis layanan kami saat ini ada di website, biayanya mulai dari Rp 2,8 juta - Rp 4,6 juta untuk satu sesi. Untuk project besar seperti satu rumah maupun unpacking saat pindah rumah, biayanya dapat dibuat dalam bentuk paket dengan harga yang lebih kompetitif," tutupnya.

(gaf/eny)