5 Penyebab Kotoran Kucing Bau dan Cara Mengatasinya

Content Promotion - wolipop Sabtu, 19 Jun 2021 16:45 WIB
kotoran kucing Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Sebesar apapun cinta kita kepada kucing, membersihkan kotorannya mungkin bukan menjadi yang teratas dalam daftar tugas favorit. Apalagi jika kotoran kucing lebih bau dari biasanya, pasti terasa semakin berat untuk menjalankan tugas yang satu itu bukan?

Kotoran yang super bau bisa menjadi pertanda ada yang tidak beres dengan kucingmu. Jadi, sangat penting untuk mengetahui akar masalahnya. Jangan khawatir, ini 5 alasan kotoran kucing kesayanganmu berbau sangat busuk dan yang lebih penting, apa yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya.

1. Makanan

Sama seperti manusia, kucing sensitif terhadap hal-hal tertentu yang terkandung dalam makanan. Misalnya, kucing kamu mungkin sensitif terhadap biji-bijian. Atau makanan dengan kandungan vitamin tinggi.

2. Bakteri

Secara alamiah kucing adalah karnivora. Mereka memangsa hewan kecil lainnya untuk dimakan sebagai makanan. Dorongan alami mereka untuk memangsa dapat menyebabkan mereka memakan apa yang tidak benar atau tidak sehat. Ini akan lebih mungkin terjadi jika kucing kamu lebih banyak bermain di luar.

Mereka bisa saja memakan daging yang terinfeksi bakteri salmonella atau E. coli, yang menyebabkan rasa tidak nyaman pada pencernaannya. Lalu terjadi peradangan atau diare dan akhirnya menyebabkan kotorannya super bau.

3. Obat-obatan dan Perubahan Hormon

Obat-obatan tertentu untuk rasa sakit dan obat yang memiliki efek pada hormon dapat mengubah keseimbangan kimiawi alami kucing. Tergantung pada durasi perubahan kimia yang terjadi, kucing kamu bisa tiba-tiba buang air besar yang berbau busuk.

4. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan dan masalah yang terkait dengan hal tersebut dapat mendatangkan malapetaka pada saluran pencernaan kucing, seperti halnya pada manusia. Hasilnya kotoran kucing akan menimbulkan bau menyengat yang kuat.

Penyebab terbesarnya adalah buruknya saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi dan lemak, sehingga ketika kotoran dibuang maka masih terdapat nutrisi dan lemak yang akan menjadi busuk ketika dikeluarkan.

5. Parasit

Infeksi parasit dapat mengganggu perut kucing kamu dan menyebabkan diare serius dan kotoran yang berbau sangat busuk sehingga kamu harus membawanya ke dokter hewan. Coccidian dan Trichomonas adalah beberapa parasit yang sering menyebabkan masalah serius pada hewan, termasuk penyebab poop kucing yang super bau.

Cara Atasi Kotoran Kucing yang Super Bau

Tidak ada seorang pun yang suka dengan bau kotoran kucing, terlebih lagi ketika mereka mempunyai masalah yang mengakibatkan bau kotoran mereka semakin busuk. Karena itu perlu segera atasi akar dari masalah kucingmu. Berikut cara untuk mengatasinya.

1. Bersihkan Kotak Kotoran

Buang kotoran kucingmu dari kotaknya setiap hari. Kalau perlu buat jadwal harian untuk itu. Bersihkan kotak kotorannya dengan menggunakan baking soda untuk menghilangkan bau tak sedap serta membunuh kuman dan bakteri.

2. Ubah Jenis Makanan

Jika makanan yang dimakannya selama ini membuat kotorannya menjadi bau, maka kamu harus segera memberikan makanan pengganti. Kemudian llihat hasilnya apakah poop kucingmu masih berbau busuk atau tidak.

3. Rawat Kucing

Rawat kucing kamu untuk menghilangkan bau busuk di tubuhnya. Mandikan dengan sampo kucing dan sisir bulunya untuk menghilangkan bulu yang lepas. Atau cukup kamu bawa ke pet shop terdekat untuk grooming kucing secara profesional.

4. Bersihkan Rumah

Bersihkan gorden, karpet, sofa, kursi kamu sesering mungkin, termasuk area lain yang sering dikunjungi kucing kamu.

5. Berikan #1TetesSejutaManfaat WookuWooku Setiap Hari

WookuWooku For Cats merupakan suplemen nutrisi untuk kucing yang diperkaya dengan probiotik dan diformulasi khusus menggunakan teknologi Jepang. Selain itu suplemen ini telah teruji secara klinis bebas dari BHA dan BHT serta mengandung probiotik salah satunya adalah Lactobacillus sp.

WookuWooku For CatsWookuWooku For Cats Foto: WookuWooku For Cats

WookuWooku For Cats mengandung 100% bahan alami yang menghasilkan berbagai nutrisi yang dibutuhkan kucing kamu, seperti asam amino, protein, vitamin, mineral, dan lainnya yang juga diperkaya oleh mikroba hidup aktif positif (probiotik).

Probiotik ini akan membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan dengan menyeimbangkan jumlah bakteri, sehingga bakteri jahat tidak dominan serta membantu mempercepat penyerapan nutrisi ke dalam tubuh kucing dengan sempurna, sehingga ketika kucing membuang kotoran tidak ada nutrisi yang tersisa, jadi bau busuk kotorannya akan jauh berkurang.

WookuWooku juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan hewan dan meningkatkan imunitas hewan dari serangan berbagai penyakit, memperbaiki sistem pencernaan, dan menambah nafsu makan.

WookuWooku dapat diperoleh di petshop-petshop terdekat atau melalui online marketplace. Kunjungi help.wookuwooku.com untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut.

(ads/ads)