5 Manfaat Penting Penggunaan Kursi Makan Bayi

Inkana Putri - wolipop Jumat, 30 Apr 2021 12:46 WIB
kursi bayi Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Saat bayi sudah mulai menginjak usia mulai makan, kursi makan bayi menjadi hal penting yang perlu dipersiapkan. Meski demikian, tak jarang beberapa orang tua yang ragu untuk membelinya dan memilih menyuapi bayi tanpa menggunakan kursi makan.

Padahal, ada banyak manfaat yang dapat diperoleh dari penggunaan kursi makan bayi. Berikut beberapa manfaat dari penggunaan kursi makan bayi berdasarkan ulasan review SehatQ

Mendorong Bayi Lebih Mandiri

Bayi yang dibiasakan makan dengan duduk di kursi makan bayi cenderung memiliki pertumbuhan kemandirian yang lebih pesat dibandingkan bayi yang tidak menggunakan kursi makan bayi. Adanya kursi makan bayi membuat bayi dapat belajar makan sendiri dengan lebih cepat.

Selain itu, ia juga dapat memilih sendiri untuk melanjutkan atau menghentikan makan sesuai dengan kondisi perut dan seleranya. Dalam tahapan tertentu, ketika bayi sudah bisa duduk lebih kuat dan kepala lebih tegak, ia pun bisa meraih makanannya sendiri yang tersedia di meja makan bayi.

Melatih Kedisiplinan Bayi

Melatih kedisiplinan ternyata sudah dapat dilakukan sejak bayi hendak memulai makan dengan penggunaan kursi makan bayi. Taruhlah bayi di kursi makan bayi saat waktu makan tiba. Nantinya, alam bawah sadarnya akan menyadari bahwa tiap kali ia ditaruh di kursi makan, artinya waktu makan sudah tiba. Ia pun akan terbiasa untuk disiplin mengenai waktu makannya dan dapat menjalar ke kedisiplinan lain.

Mengurangi Masalah Pencernaan

Beberapa orang tua mungkin berpikir masalah pencernaan hanya berhubungan dengan makanan yang diberi kepada anak. Namun, sebuah fakta menemukan bahwa masalah pencernaan yang biasanya timbul pada bayi yang baru latihan makan dapat dikurangi dengan penggunaan kursi makan bayi.

Dengan bersantap di kursi makan bayi, anak dapat menentukan sendiri untuk memakan makanannya berdasarkan rasa lapar mereka. Makan secara cukup dan tidak berlebihan pun akan lebih mudah didapati dengan penggunaan kursi makan bayi. Risiko mengalami masalah pencernaan akibat porsi makan yang berlebihan juga dapat dikurangi.

Membuat Proses Makan Lebih Mudah

Kursi makan bayi sangat memudahkan pemberian makan. Pasalnya, kursi ini dilengkapi nampan makanan dengan tempat cangkir untuk menampung botol atau cangkir. Ini akan memudahkan penyajian dan memungkinkan semua makanan ada di satu tempat. Adanya safety belt pada kursi makan bayi juga membuat anak tidak bisa bergerak ke mana-mana sehingga orang tua akan lebih mudah memberi mereka makan.

Sisa Makanan Mudah Dibersihkan

Sisa makanan yang berceceran sering kali membuat stres para orang tua. Namun, rasa stres tersebut dapat dikurangi jika membiasakan anak makan di kursi makan bayi. Area terbatas saat proses makan membuat proses pembersihan sisa makanan jadi lebih simpel.

Itulah beberapa manfaat dari penggunaan kursi bayi. Oleh karena itu, jangan ragu mencari review kursi makan bayi di SehatQ untuk bisa mendapatkan manfaat tersebut. Carilah kursi makan bayi yang memang didesain khusus agar faktor keamanan dan keselamatan bayi terjamin melalui fitur review SehatQ.



(ads/ads)