5 Tips Dekorasi Rumah untuk Sambut Silaturahmi Virtual Saat Ramadhan

Erika Dyah Fitriani - wolipop Selasa, 27 Apr 2021 16:24 WIB
Tokopedia Foto: Tokopedia
Jakarta -

Ramadhan tak menyurutkan semangat banyak orang untuk melakukan berbagai kegiatan, termasuk juga mendekorasi rumah. Diketahui, kegiatan ini justru menjadi salah satu kegiatan favorit selama pandemi, termasuk di tengah bulan Ramadhan kini.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya menyebutkan hal ini terlihat dari adanya peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2x lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia. Pertumbuhan angka ini terjadi selama Q1 2021, jika dibandingkan dengan Q4 2020.

"Terlihat dari peningkatan transaksi sebesar lebih dari 2x lipat pada kategori Home & Living di Tokopedia selama Q1 2021 jika dibandingkan dengan Q4 2020," ungkap Ekhel dalam keterangan tertulis, Selasa (27/4/2021).

Mendukung tingginya antusiasme masyarakat pada kegiatan dekorasi rumah, Tokopedia bersama Dekoruma pun membagikan inspirasi dan tips dekorasi rumah untuk Anda. Diketahui, Dekoruma merupakan perusahaan penyedia barang dan jasa home and living yang mencakup furnitur, dekorasi, interior, hingga properti. Pada Q1 2021 ini, Dekoruma berhasil mencapai peningkatan jumlah transaksi hingga 5x lipat jika dibandingkan dengan Q1 tahun sebelumnya, 2020.

Tunggu apa lagi? Ini 5 tips dan inspirasi yang bisa Anda praktikkan untuk menyambut kegiatan silaturahmi virtual yang lebih aman dan menyenangkan khususnya selama Ramadhan meski harus tetap jaga jarak di tengah pandemi.

1. Decluttering atau Bersihkan Rumah Secara Berkala

Interior Communication Manager Dekoruma, Kania Bunga Wraspati menyebutkan langkah pertama yang bisa dilakukan agar rumah terlihat lebih rapi adalah dengan menyingkirkan atau merapikan barang yang sudah tidak dipakai.

"Mulailah decluttering dari kamar tidur, lemari pakaian dan selanjutnya ke area kamar mandi, dapur dan ruang tamu," jelas Kania.

Ia juga memberi tips untuk mengelompokkan barang-barang berdasarkan kategori dengan menggunakan kotak penyimpanan untuk memudahkan pencarian dan membuat ruang tampak lebih rapi.

"Bisa juga menggunakan label agar barang lebih mudah dicari," tambahnya.

2. Tentukan Spot Favorit

Silaturahmi virtual lewat platform video konferensi menjadi andalan banyak orang untuk tetap terhubung dengan keluarga, sahabat, ataupun orang terdekat lainnya di tengah pandemi ini. Selama Ramadhan, Anda juga bisa melakukan silaturahmi virtual untuk buka bersama online atau sekadar saling bersapa dengan orang-orang terdekat.

Agar kegiatan silaturahmi virtual Anda berjalan lancar, Anda bisa menentukan ruangan yang luas dan nyaman dengan pencahayaan yang cukup sebagai titik kumpul anggota keluarga saat melakukan silaturahmi virtual.

3. Relayout Tata Letak Furnitur

Kania mengungkap ada cara mudah untuk memberikan suasana baru di rumah tanpa harus mengganti banyak perabot yang ada. Adapun cara sederhana yang bisa Anda sontek adalah dengan menata ulang letak perabotan di rumah.

"Contohnya, menerapkan penggunaan furnitur multifungsi agar pemanfaatan ruang lebih maksimal," katanya.

4. Ganti Suasana Warna Rumah

Menurut Kania, mengganti warna cat dinding rumah juga bisa memberikan kesan lebih segar pada tampilan tempat tinggal Anda. Tak lupa, ia memberikan tips serta inspirasi padu-padan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda.

"Motif sederhana pada dinding juga bisa membuat ruangan terasa lebih playful. Pilihlah analogous color yaitu warna-warna yang berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini akan memberikan warna yang harmonis sehingga nyaman di mata," saran Kania.

5. Tambahkan Dekorasi Menarik

Terakhir, kata Kania, Anda bisa menambah hiasan dinding atau ornamen bergaya tematik untuk menambah cantik dekorasi rumah Anda. Di bulan Ramadhan ini, Anda dapat menambahkan dekorasi spesial Ramadhan yang dapat menjadi solusi untuk menambah kesan meriah pada momen silaturahmi virtual di rumah selama bulan suci serta menyambut Idul Fitri nanti.

"Selain bermanfaat untuk menyegarkan dan memperindah suasana, mendekorasi rumah juga bisa memberikan kenyamanan bahkan meningkatkan fokus," kata Kania.

Kania mengungkap berbagai produk dekorasi rumah bisa Anda dapatkan melalui Dekoruma Official Store yang tersedia di Tokopedia.

Tak hanya menawarkan berbagai produk berkualitas, pihaknya juga memberi penawaran bagi Anda untuk dapat menikmati beragam penawaran menarik termasuk diskon hingga 75% yang berlaku sampai 5 Mei 2021.

Sebagai informasi, Tokopedia tak hanya menyediakan berbagai pilihan produk kebutuhan rumah tangga, tapi juga menghadirkan Proteksi Furniture. Melalui fitur ini, Tokopedia menawarkan perlindungan lebih pada furnitur baru yang Anda dibeli melalui Tokopedia. Layanan dari Tokopedia ini pun memiliki premi yang sangat terjangkau, yakni mulai dari sekitar Rp2.000.

Diketahui, Proteksi Furniture dari Tokopedia berlaku selama 24 bulan sejak pembelian untuk dapat melindungi furnitur dari kerusakan bahkan kehilangan.



Simak Video "Tokopedia Dukung UMKM Bertahan, Bangkit dan Tumbuh Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(ega/ega)