Mau Cuci Sajadah? Perhatikan Tips Ini biar Bersih dan Awet!

Content Promotion - wolipop Selasa, 16 Feb 2021 09:05 WIB
Carpetshop.co.id Shutterstock
Jakarta -

Sajadah memiliki tekstur yang berbeda dengan baju, celana, atau selimut. Cara mencucinya pun juga tidak bisa disamakan dengan mencuci pakaian pada umumnya, apalagi sajadah berukuran panjang.

Untuk membuat sajadah tetap awet dan terlihat seperti baru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat mencucinya. Terutama karena biasanya ada bekas noda membandel yang ditinggalkan kaki manusia atau lantai pada sajadah.

Agar bersih dan awet, berikut tips-tips yang bisa dilakukan ketika mencuci sajadah seperti dilansir dari eHow.

1. Baca Petunjuk Pencucian

Pertama, bacalah petunjuk pencucian sajadah untuk menentukan apakah bisa dicuci dengan tangan atau tidak. Bahan tertentu, seperti sutra tidak cocok di air sehingga hanya bisa dibersihkan dengan kain lap.

2. Atasi Noda Membandel

Atasi noda membandel pada sajadah yang biasa ditinggalkan kaki atau bagian bawah lantai terlebih dahulu setengah jam sebelum dicuci. Caranya, letakkan sabun cuci di tempat adanya noda, biarkan sabun benar-benar menempel pada sajadah.

3. Rendam dengan Air Dingin

Selanjutnya, rendam di dalam air dingin yang berisi sedikit sabun cuci lembut. Kibaskan sajadah dengan lembut di dalam air untuk mencampur sabun mandi. Biarkan sajadah terendam setidaknya 30 menit hingga beberapa jam.

4. Angkat dan Bilas

Kemudian angkat sajadah dari air dan sabun, setelah itu bilas dengan air dingin. Gulung sajadah dengan lembut dan peras agar airnya hilang, namun jangan memeras berlebihan yang nantinya justru menyebabkan kerusakan pada sajadah.

5. Keringkan

Terakhir keringkan sajadah bisa dengan cara membaringkannya di kursi pada luar ruangan atau di dalam ruangan. Namun bila ingin mengeringkan di luar ruangan, pastikan untuk menjauhkan sajadah dari sinar matahari langsung untuk menghindari memudarnya bahan.

Itu dia beberapa tips mencuci sajadah agar bersih dan awet. Namun keawetan sajadah tidak hanya tergantung pada perawatan, tapi juga tergantung kualitas produknya.

Bila Anda mencari sajadah berkualitas yang awet dan warnanya tidak mudah pudar, Anda bisa membeli Sajadah Medinah di Carpetshop.co.id. Sajadah Medinah tersedia dalam 2 motif (desain masjid dan polos) serta 2 warna (hijau dan maroon).

Carpetshop.co.idCarpetshop.co.id Foto: dok. Carpetshop

Sajadah Medinah berukuran 105cm x 570cm untuk 1 roll yang bisa digunakan hingga 10 orang dibanderol Rp 380.000/roll. Selain itu, Sajadah Medinah juga bisa dibeli meteran juga bagi yang membutuhkan.

Carpetshop.co.idCarpetshop.co.id Foto: dok. Carpetshop

Pembelian bisa dilakukan di situs carpetshop.co.idatau melalui marketplace kesayangan Anda dengan menggunakan kata kunci pencarian Carpet Shop.

(ads/ads)