Tren Hobi Warga +62 Saat Pandemi, dari Berkebun hingga Melukis

Nurcholis Maarif - wolipop Jumat, 22 Jan 2021 10:58 WIB
Tokopedia Foto: Tokopedia
Jakarta -

Pandemi mendorong masyarakat menjadi semakin kreatif dalam mengisi waktu luang selama lebih banyak di rumah. Salah satunya menggeluti beragam hobi serta kegiatan baru demi meningkatkan produktivitas.

Tokopedia mencatat beberapa temuan menarik berkaitan dengan tren hobi selama 2020 yang dapat menginspirasi masyarakat dalam mengisi waktu luang di tahun ini. Hal itu linier dengan meningkatnya transaksi produk hobi tersebut di tahun lalu.

"Tokopedia #SelaluAdaSelaluBisa mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian bahkan menciptakan peluang dengan hobi baru yang muncul selama pandemi. Salah satunya melalui kampanye Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang diadakan setiap tanggal 25 hingga akhir setiap bulan," ungkap External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam keterangan tertulis, Jumat (22/1/2021).

Adapun tren hobi di 2020 tersebut sebagai berikut.

Olahraga

Berdasarkan pembelian di Tokopedia, bersepeda, fitness, memancing, mendaki dan berkemah serta sepakbola atau futsal menjadi olahraga yang digemari masyarakat selama 2020. Terlihat dari peningkatan transaksi pada kategori Sports & Hobbies di Tokopedia menjadi hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan 2019.

Membaca Buku

Selain berolahraga, kegiatan membaca pun semakin diminati selama pandemi. Buku tentang religi, pengembangan diri, novel dan sastra serta buku remaja dan anak masih menjadi beberapa kategori buku yang paling populer di Tokopedia selama 2020. Transaksi pada subkategori Buku juga mengalami peningkatan hampir dua kali lipat.

Berkebun

Selain menambah estetika serta kesejukan rumah, berkebun juga bermanfaat untuk menyegarkan pikiran, sehingga menjadi salah satu hobi banyak masyarakat selama pandemi. Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari empat kali lipat pada subkategori Taman sepanjang 2020 jika dibandingkan 2019.

Melukis

Melukis ternyata menjadi tren baru di kala pandemi. Paint by numbers, contohnya, terus diminati masyarakat karena teknik melukis yang mengikuti angka pada gambar sangat memudahkan bagi para pemula untuk menghasilkan lukisan yang indah.

Tingginya minat masyarakat terhadap hobi melukis ini terlihat dari kenaikan penjualan yang signifikan pada subkategori Office & Stationery di Tokopedia yang mencapai hampir dua kali lipat selama 2020.

Hobi melukis juga mulai ditekuni salah satu personil BTS, Suga, selama pandemi. Bahkan Suga pernah melukis secara live lewat akun Youtube BTS yang disaksikan oleh jutaan fansnya.

Memasak

Di acara Tokopedia WIB TV Show pada November 2020, salah satu personil BLACKPINK, Lisa, mengaku bahwa memasak menjadi hobi baru yang ia tekuni selama pandemi. Dalam kesempatan yang sama, Jennie juga membagikan tips dalam mengatur api untuk memasak nasi goreng kimchi yang enak.

Hobi memasak pun terus digemari masyarakat di tengah pandemi. Hal ini terlihat pada penjualan kategori Home & Living di Tokopedia yang meningkat lebih dari dua kali lipat selama 2020 jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

(ncm/eny)