7 Kesalahan Menata Ruangan yang Bikin Rumah Kecil Terasa Sempit

Hestianingsih - wolipop Selasa, 05 Jan 2021 05:30 WIB
Large L-shaped corner sofa in living room furniture show home Kesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock
Jakarta -

Menata rumah kecil perlu ketelitian lebih. Setiap detail harus diperhatikan agar rumah kecil tidak terkesan makin sempit.

Detail atau hal-hal kecil sering kali diabaikan dalam mendekorasi interior rumah. Padahal pemilihan dan penempatan detail bisa sangat berpengaruh terhadap penampilan keseluruhan ruangan.

Benda-benda seperti tirai, wallpaper, karpet atau sofa bisa membuat ruangan terlihat lebih proporsional atau sebaliknya, tampak sempit, apabila salah dalam pengaplikasian.

Berikut ini tujuh kesalahan menata ruangan yang membuat rumah kecil terasa sempit, seperti dikutip dari Brightside.

1. Motif Wallpaper Terlalu Besar

Vintage old radio from eastern Europe (labels indicate cities of the eastern block, including former GDR, East Germany) laying on a piece of furniture and a background showing a sixties, seventies design wallpaper pattern. Copy space on the side for customization.Kesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Wallpaper bisa membuat rumah terlihat lebih chic dan manis. Tapi hindari menggunakan wallpaper dengan motif besar karena akan memberi kesan ruangan lebih sempit. Terlebih lagi jika rumah kamu memang tidak terlalu luas dan banyak sekat.

Pilih motif wallpaper yang kecil dengan warna terang untuk dinding. Warna terang bisa membantu merefleksikan cahaya sehingga ruangan tampak lebih terbuka dan lapang.

2. Rak Buku Terbuka

modern living room. Scandinavian interior design. 3d rendering conceptKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Rak buku yang terbuka membuat ruangan terkesan 'sibuk' dan lebih sumpek. Efek ini akan makin terasa pada kamar atau ruangan kecil.

"Pilih rak yang berpintu jadi kamu bisa menyimpan semua buku itu," saran desainer Kim Gordon.

Rak dengan pintu akan memberi kesan lebih rapi dan tertata. Pilihlah rak yang warnanya senada dengan tema ruangan.

3. Sofa Bentuk-L

Large L-shaped corner sofa in living room furniture show homeKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Sofa berbentuk L memang jadi furnitur favorit karena multifungsi dan terasa nyaman. Tapi furnitur model ini tidak cocok jika rumah kamu kecil dan minimalis. Bentuk L akan menciptakan batasan pada ruangan dan membuatnya kurang fungsional.

Sofa berbentuk L lebih cocok untuk menciptakan zona pada ruangan yang luas dan berkonsep terbuka. Maka dari itu hindari membeli sofa model ini jika rumah kamu tergolong minimalis.

4. Salah Menempatkan Cermin

Spacious and stylish home interior with old glass door and wooden parquetKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Cermin bisa memberi kesan ruangan lebih luas. Tapi jika ditempatkan pada sudut yang gelap justru membuat rumah makin menyempit. Emma Pritchard, editor majalah Country Living, menyarankan menempatkan cermin di dekat atau seberang jendela. Pantulan cahaya pad cermin akan memberi kesan kamar lebih luas.

5. Tirai Berbahan Tebal

on Black BackgroundKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Kesalahan menata ruangan yang membuat rumah kecil terasa sempit lainnya adalah pemilihan tirai atau gorden. Tirai berbahan tebal dan berat seperti satin atau beludru akan membuat langit-langit terkesan lebih rendah dan mempersempit ruangan. Material seperti ini jga menyerap cahaya dari luar jendela sehingga rumah tampak suram.

Untuk kesan rumah terang dan lebih lega, pilih tirai dengan bahan melayang, halus, dan ringan. Misalnya linen atau sifon.

6. Karpet Kecil di Tengah Ruangan

Eclectic furniture of a modern studio apartment balance out the blank white wallsKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Karpet kecil sebaiknya hanya ditempatkan di depan pintu, bukan sebagai dekorasi utama pada ruangan. Karpet berukuran kecil yang ditaruh dekat sofa atau tempat tidur akan membuat interior terlihat 'terpecah-pecah' dan 'mempersempit' ruangan.

Jika ingin mendekorasi ruangan dengan karpet, gunakan yang ukurannya lebar, atau tidak memakai karpet sama sekali. Pilih karpet berwarna terang untuk memberi ilusi ruang yang lebih lebar.

7. Kipas Angin di Langit-langit

Ceiling fan in a roomKesalahan menata ruangan di rumah kecil. Foto: istock

Kipas angin yang dipasang di langit-langit membantu membuat ruangan terasa lebih sejuk. Tapi sebaiknya pertimbangkan lagi jika rumah kamu kecil dan langit-langitnya rendah.

Penempatan kipas angin pada langit-langit akan menciptakan bayangan yang membuat ruangan tampak lebih gelap dan rendah. Sebaiknya gunakan kipas angin berdiri atau kipas angin meja dengan warna putih.

Itulah kesalahan menata ruangan yang membuat rumah kecil terasa sempit. Memikirkan proporsi rumah atau ruangan sebelum menatanya sangat penting agar rumah kecil tak jadi makin terlihat sempit.

(hst/hst)