15 Jenis Tanaman Hias Bunga yang Cocok untuk Mempercantik Rumah

Eny Kartikawati - wolipop Kamis, 03 Des 2020 05:30 WIB
Portulaca Oleracea other names include; Common Purslane, Little Hogweed, Pigweed, Duckweed, Pusley, Verdolaga, Mossrose. Lovely small flower with red and pink stripes. Tanaman hias bunga. Foto: Getty Images/iStockphoto/Amy Newton-McConnel
Jakarta -

Tak hanya monstera atau keladi saja tanaman hias yang tren di tengah pandemi ini. Berbagai jenis tanaman hias bunga pun diminati pecinta tanaman.

Tanaman hias bunga hadir dengan aneka bentuk dan warna yang cantik. Saat kamu memilikinya di rumah, tanaman hias bunga bisa membuat hunian menjadi lebih indah.

Tanaman hias bunga yang beraneka jenis ini memiliki cara perawatan yang berbeda-beda. Kamu bisa memilih mana tanaman hias bunga yang cocok untukmu apakah yang bisa terpapar sinar matahari atau diletakkan di dalam ruangan.

Daftar Tanaman Hias Bunga yang Cantik

1. Marigold

Seperti dikutip dari Haibunda.com, tanaman hias bunga marigold bisa memberikan sentuhan warna kuning cerah menyala di rumah. Bunganya yang berwarna jingga kekuningan menyerupai warna emas, dapat mempercantik hunian.

Orange marigold flowers.Tanaman hias bunga marigold. Foto: Getty Images/schnuddel

Letakkan marigold di tempat yang terkena sinar matahari penuh ya. Selain itu, bunga ini harus ditanam pada tempat dengan sistem drainase yang baik.

Tambahkan kerikil di bagian bawah wadah dan tutupi dengan pasir atau tanah agar air dapat mengalir dengan mudahnya.

2. Bunga pentas

Bunga pentas memiliki daun hijau berbulu dan kelopak bunga dalam nuansa aneka warna. Seperti warna merah, putih, merah muda, serta ungu.

Tanaman hias bunga ini dapat ditanam dalam pot kecil. Serta cocok menjadi dekorasi indoor di ruang tamu maupun kamar tidur.

Photo taken in a little garden in Hong KongTanaman hias bunga pentas. Foto: iStock

Namun, akan lebih baik jika bunga pentas diletakkan di dekat jendela. Sebab tanaman hias bunga ini menyukai paparan sinar matahari.

Untuk dapat memiliki tanaman hias bunga pentas ini, kamu hanya perlu merogoh kocek mulai dari Rp13 ribu hingga Rp25 ribu.

3. Amarilis

Selain marigold, amarilis juga memiliki bunga berwarna nyentrik. Kelopaknya berwarna oranye kemerahan.

Tanaman hias bunga ini memiliki batang tinggi dan kokoh. Daunnya yang panjang berwarna kehijauan menambah kesan rumah yang segar.

Tanam bunga amarilis pada sebuah pot dan tempatkan di lokasi yang terkena sinar matahari tidak langsung. Oleh sebab itu, amarilis cocok menjadi dekorasi ruang tamu.

Memiliki kisaran harga yang cukup terjangkau, perawatan amarilis terbilang mudah. Cukup siram dengan teratur agar tanaman ini dapat tumbuh subur.

4. Tanaman Hias Bunga Hydrangea

Bunga Hydrangea atau yang dikenal sebagai kembang bokor memiliki 70 hingga 75 spesies yang tersebar di Asia dan Amerika.

Memiliki warna bunga yang beragam, mulai dari ungu hingga biru, bunga ini dibanderol dengan harga sekitar Rp70 ribu per batangnya.

Flower bed full of blossoming blue and purple Hydrangea.Bunga Hydrangea Foto: Getty Images/iStockphoto/FrankvandenBergh

Dibutuhkan perawatan khusus untuk merawatnya. Tanaman hias bunga ini dapat tumbuh subur di lingkungan yang lembap.

Selain itu, hydrangea mentolerir naungan cahaya, namun tidak langsung. Sirami hydrangea dalam pot sesering mungkin, tapi perhatikan agar tidak terlalu banyak air ya.

5. Christmas Cactus

Tahukah kamu, Christmas cactus merupakan jenis kaktus yang memiliki bunga cantik. Karakteristik tanaman hias ini terletak pada bunganya yang berwarna pink dan batang kaktusnya yang berwarna hijau.

Cara perawatan tanaman hias bunga ini terbilang cukup mudah. Christmas cactus bisa tumbuh subur pada kelembapan yang baik. Oleh sebab itu, tanaman hias ini membutuhkan penyiraman yang menyeluruh.

Tanaman hias tidak mudah matiTanaman hias bunga tidak mudah mati, Christmas Cactus. Foto: iStock

Kaktus akan beradaptasi dengan kondisi cahaya redup, tetapi tanaman hias ini akan mekar lebih cepat jika terkena cahaya yang lebih terang. Meskipun demikian, terlalu banyak sinar matahari langsung dapat membakar daunnya, jadi simpanlah kaktus ini di tempat yang sesuai.

6. Anggrek

Tanaman hias bunga anggrek sudah lama menjadi pilihan dekorasi rumahan karena keindahan bunganya yang cantik. Selain itu, tanaman hias ini memiliki bunga dengan warna yang beragam. Mulai dari putih, ungu, putih, pink, dan kuning.

Orchids in the world famous National Orchid Garden in SingaporeTanaman hias bunga anggrek. Foto: Getty Images/iStockphoto/King_Louie

Perawatan tanaman anggrek untuk indoor cukup mudah. Anggrek membutuhkan sedikit perawatan asalkan semua kebutuhan dasarnya terpenuhi seperti cahaya, suhu, dan kelembapan.

Untuk mendapatkan tanaman hias bunga anggrek, kamu perlu mengeluarkan kocek mulai dari Rp20 ribuan. Murah atau mahalnya harga anggrek ini tergantung dari jenisnya.

7. Bunga Melati

Kamu sedang mencari tanaman hias dengan aroma harum yang menenangkan? Bunga melati bisa menjadi pilihan. Tanaman hias melati ini cukup mudah dirawat. Bisa ditanam di halaman maupun dalam pot kecil.

Kawasan Jalan Dr Sumarno, Cakung, Jakarta Timur, dipercantik. Kawasan tersebut ditanami bunga melati untuk menghijaukan kawasan tersebut.Bunga melati. Foto: Agung Pambudhy

Jika ingin merawat bunga melati indoor, letakkan pada lokasi yang cukup terang, seperti dekat jendela. Dengan adanya sirkulasi udara yang baik, membantu meningkatkan warna putih mencolok pada bunganya.

8. Bougenville

Tanaman hias bougenville atau yang biasa disebut dengan bunga kertas ini dipercaya membawa keberuntungan. Tanaman hias ini memiliki ciri keindahan bunga kecil-kecil menyerupai kertasnya, menyajikan warna yang beragam seperti ungu, pink, hingga oranye.

Buganvilla, bugambilia shrub branches with orange flowers, ornamental plant floweringTanaman hias bunga Bougenville Foto: iStock

Untuk perawatan tanaman hias bunga bougenville, kamu perlu menyiramnya sesering mungkin agar tanahnya tidak kering. Sedangkan untuk harganya, tanaman hias ini cukup terjangkau, sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribu.

Apalagi tanaman hias bunga lainnya yang bisa kamu miliki? KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA.



Simak Video "Awasi Tanaman Hiasmu dari Pencuri"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)