10 Peralatan Dapur Aneh Tapi Tak Disangka Berguna untuk Masak

Yuni Ayu Amida - wolipop Jumat, 20 Nov 2020 18:11 WIB
Ilustrasi dapur Foto: Shutterstock
Jakarta -

Peralatan masak di dapur umumnya berupa pisau, panci, penggorengan, talenan, spatula dan lain sebagainya. Namun ada pula alat-alat dapur yang tak umum.

Meskipun nama atau bentuknya aneh, peralatan dapur ini ternyata cukup berguna untuk membantu aktivitas memasak lebih mudah. Ini 10 alat dapur aneh yang ternyata berguna, seperti dikutip dari Haibunda.com.

1. Adjustable Rolling Pin

Ini merupakan rolling pin yang memiliki ukuran, Bunda. Memakai rolling pin ini membuat Bunda tidak perlu lagi menggunakan penggaris setiap kali ingin membentuk adonan.

Rolling pin ini bisa disesuaikan karena memiliki tanda ukuran di sisinya. Bersamaan dengan pegangan yang bisa disesuaikan.

2. Alat pengiris alpukat (avocado slicer)

Bunda biasa mengupas alpukat dengan pisau dapur? Ternyata ada alat pengiris yang dikhususkan untuk alpukat lho. Alat ini memungkinkan Bunda untuk mengiris atau memotong alpukat dengan aman tanpa membahayakan jari.

3. Cetakan press daging (burger press)

Apakah Bunda ingin membuat burger bulat sempurna atau bereksperimen dengan isian burger yang berbeda? Mesin cetak burger adalah alat untuk yang cocok untuk hal tersebut.

Gadget dapur ini berfungsi sebagai cetakan burger yang dapat digunakan untuk membentuk burger polos atau mengemas daging giling dengan keju, sayuran, atau bahan tambahan lainnya. Asyiknya, daging yang sudah dicetak langsung masuk wadah pinggiran piring.

4. Pemotong mentega (butter cutter)

Saat menggunakan mentega untuk memanggang roti, Bunda mungkin kesulitan untuk mengatur berapa banyak mentega yang diperlukan. Nah, kehadiran butter cutter inilah solusinya.

Pemotong mentega ini bertujuan untuk membuat hidup lebih mudah. Cukup masukkan sebatang mentega ke dalam alat pengiris, pegang alat pengiris di atas makanan, dan kemudian remas untuk menghasilkan adonan yang merata dan proporsional.

5. Citrus juice sprayer

Alat ini berfungsi seperti spray atau semprotan. Cara menggunakannya, cukup tancapkan bagian bawah alat ini dalam buah jeruk, kemudian tekan kepalanya untuk mengeluarkan percikan air jeruk tersebut. Tak hanya buah jeruk, Bunda juga bisa menggunakannya pada jeruk nipis, lemon, dan lainnya.

Alat-alat dapur apa lagi yang bentuk dan fungsinya aneh? Selengkapnya klik di sini.

(yun/hst)