Wajib Tahu! Ini 5 Tanda AC Kamar Butuh Diservis

Reyhan Diandri Ghivarianto - wolipop Sabtu, 19 Sep 2020 21:46 WIB
air conditioner Foto: shutterstock
Jakarta -

Menjaga kondisi AC agar tetap prima dan optimal tentunya bisa menjaga kenyamanan anggota keluarga di tengah cuaca panas. Terlebih lagi saat ini banyak aktivitas yang dilakukan di rumah akibat adanya PSBB kembali.

AC ruangan yang terus menerus dinyalakan pun mungkin terlihat dalam kondisi bagus dari luar. Namun seperti halnya benda elektronik lain, perlu adanya pemeriksaan rutin untuk memastikan apakah kondisi AC tersebut benar-benar baik digunakan.

Agar bisa mengetahui tanda-tanda AC seperti apa yang butuh pemeriksaan atau perawatan, yuk kenali dulu ciri-cirinya dilansir dari laman excelcool.

1. Terjadi Kebocoran

Kelembapan berlebih di sekitar unit AC bisa menjadi masalah yang serius. Hal ini biasanya disebabkan kebocoran refrigeran. Akan ada titik-titik basah yang terlihat di sekitar unit AC. Matikan AC agar kebocoran tidak meluas dan segeralah panggil teknisi.

2. Suara Aneh di Unit AC

Jika unit AC mengeluarkan suara berderit, berderak, bergesekan, mendesis, atau letusan, cobalah untuk mematikan unit AC menggunakan remot. Jika tidak bisa cabut saja kabel dari stop kontak. Meskipun banyak bagian dari AC yang bisa mengeluarkan suara, namun jika suaranya terlalu bising artinya unit tersebut mengalami kerusakan serius.

3. Bau Aneh

Seharusnya unit AC di dalam ruangan tidak akan mengeluarkan bau apapun. Hal itu karena fungsi AC hanya untuk mendinginkan dan melembabkan rumah. Jika mencium bau busuk atau gosong, segeralah matikan AC untuk menghindari terjadinya kebakaran.

4. Tagihan Listrik Melonjak

Jika tagihan listrik melonjak tajam saat hanya menggunakan AC maka bisa jadi barang tersebut pelakunya. Ketika AC bekerja dengan baik, efektif, dan efisien, maka tagihan listrik seharusnya tidak membuat dompet tipis.

5. Aliran Udara yang Terbatas

Jika unit AC tidak menghasilkan udara dingin atau bersirkulasi secara merata di dalam ruangan maka perlu dilakukan pemeriksaan. Biasanya masalah ini disebabkan oleh saluran kerja atau filter yang tersumbat.

Memanggil teknisi yang berpengalaman setelah melihat tanda-tanda tersebut dapat mengatasi masalah kerusakan yang berpotensi terjadi. Untuk memanggil teknisi dengan praktis, kamu bisa mencoba layanan Clean & Fix di aplikasi Grab.

Clean & Fix menawarkan jasa pemanggilan teknisi servis AC secara online. Saat ini kamu bisa menggunakan promo #YukRawatRumah dengan kode RAWATRUMAH10 dan RAWATRUMAH15 untuk mendapatkan diskon service AC di dalam aplikasi.



Simak Video "Pentingnya Percaya Diri dalam Gaya Berpakaian "
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)