5 Bahan Dapur Ini Bisa Hilangkan Bau di Kulkas

Inkana Putri - wolipop Sabtu, 01 Agu 2020 13:45 WIB
bau di kulkas Foto: shutterstock
Jakarta -

Kulkas sering sekali menimbulkan bau tak sedap. Biasanya bau tersebut muncul karena makanan di dalam kulkas, seperti sayuran, buah, dan daging mulai membusuk. Namun, hal ini juga bisa terjadi lantaran isi kulkas Anda terlalu penuh dan jarang dibersihkan.

Bau tak sedap pada kulkas umumnya bisa dihilangkan dengan cara membersihkan kulkas secara teratur. Namun, ternyata banyak cara mudah lainnya yang bisa Anda lakukan untuk membuat kulkas tetap wangi dan segar. Melansir Home BT, 5 bahan dapur alami ini bisa Anda manfaatkan untuk mengusir bau tak sedap di kulkas.

Kopi Bubuk
Tak hanya cocok dijadikan teman saat bekerja, ternyata kopi juga bisa mengusir bau tak sedap pada kulkas. Cobalah untuk taruh semangkuk bubuk kopi kering di bagian bawah lemari es. Nantinya, bubuk kopi akan menyerap bau membandel. Bagi Anda yang bukan penyuka aroma kopi, Anda juga bisa menggantinya dengan semangkuk gandum kering atau arang aktif.

Baking Soda
Baking soda biasanya lebih dikenal sebagai bahan dapur yang mampu membersihkan noda membandel pada sofa, tempat tidur, atau gorden. Untuk menghilangkan bau dengan baking soda, Anda bisa taburkan soda kue ke spons basah untuk membersihkan bagian dalam kulkas. Selanjutnya, taruhlah semangkuk kecil soda kue di bagian belakang kulkas sehingga menyerap bau di kulkas. Agar kulkas tetap wangi, Anda harus pastikan untuk menggantinya setiap tiga bulan sekali.

Cuka
Sama seperti baking soda, cuka juga bisa digunakan untuk membersihkan kulkas. Isilah botol semprot dengan setengah cuka putih dan setengah air hangat dan semprotkan bagian dalam lemari es. Cuka berfungsi untuk menetralkan bau tidak sedap pada kulkas. Namun, jika Anda ingin menggunakan cuka, pastikan untuk membersihkan kulkas kembali hingga bau cuka hilang.

Vanila
Vanila bisa jadi pilihan bagi Anda yang tak suka bau cuka. Ambilah beberapa helai kapas dan rendam dalam ekstrak vanila yang telah dicampur sedikit air, setelah itu, letakkan di dalam kulkas.

Lemon
Lemon dengan aroma khas yang segar memang sering dijadikan bahan untuk menghilangkan bau tak sedap. Untuk mengusir bau pada kulkas, letakkan setengah irisan lemon menghadap ke bawah di dalam kulkas selama beberapa hari. Lemon akan menyerap bau tak sedap di kulkas dan menggantinya dengan aroma lemon segar. Selain lemon, Anda juga bisa gunakan kulit jeruk.

Nah, itulah kelima bahan dapur yang bisa Anda gunakan untuk mengusir bau tak sedap di kulkas. Jika kulkas Anda masih sering menimbulkan bau yang tak sedap, Anda perlu mengecek bagian dalam kulkas. Kerusakan pada perangkat kulkas juga bisa menyebabkan bau tak sedap pada kulkas sehingga perlu dilakukan servis kulkas.

Grab memiliki layanan Grab Clean & Fix dengan berbagai jasa dan servis termasuk servis kulkas. Selain servis kulkas, di Grab Clean & Fix, Anda juga bisa mendapatkan layanan lainnya seperti servis AC, servis mesin cuci, jasa pertukangan hingga jasa pengecatan. Grab Clean & Fix merupakan jasa terverifikasi dengan tenaga kerja profesional dan harga terstandarisasi. Anda juga bisa mendapatkan berbagai promo dan diskon menarik dengan menggunakan layanan Grab Clean & Fix. Yuk segera pesan layanan Grab Clean & Fix agar kulkas Anda bebas dari bau tak sedap.



Simak Video "Hilangkan Bau dengan Kopi dan Teh"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/mpr)