Wajib Tahu! Ini 4 Tips Merawat Mesin Cuci agar Tetap Awet

Reyhan Diandri - wolipop Sabtu, 18 Jul 2020 13:56 WIB
mesin cuci Foto: shutterstock
Jakarta -

Mesin cuci menawarkan banyak kemudahan dalam membersihkan pakaian. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, kebersihan menjadi prioritas utama dalam hal mencegah penyebaran virus.

Dalam penggunaannya, mesin cuci sering kali digunakan tidak hanya untuk pakaian namun untuk mencuci jenis kain yang lebih berat seperti selimut, bed cover, hingga gorden. Tentunya hal itu akan membuat kualitas mesin cuci menjadi menurun, sehingga diperlukan perawatan agar mesin cuci bisa bekerja dengan maksimal.

Untuk merawat mesin cuci agar tetap awet dan bekerja maksimal terdapat beberapa tips yang dapat diikuti. Berikut beberapa tipsnya seperti dilansir dari laman urbancompany.

Biarkan Pintu Mesin Cuci Tetap Terbuka

Setelah selesai mencuci pakaian jangan langsung menutup pintu mesin cuci. Banyak persepsi yang menilai bahwa dengan menutup mesin cuci maka akan mencegah penumpukan debu di dalamnya namun hal itu tidak sepenuhnya benar! Ketika selesai digunakan, ada baiknya untuk membiarkan pintu mesin cuci tetap terbuka selama 15 hingga 30 menit, hal ini berguna agar menghilangkan kelembapan serta mencegah jamur dan bakteri yang bisa muncul di dalam mesin cuci. Kelembapan yang berlebih akan menyebabkan bagian dalam mesin cuci rusak.

Letakkan Mesin Cuci di Tempat Rata

Jika mesin cuci tidak diletakkan pada tempat yang rata, maka segera ubah posisi mesin cuci milikmu. Saat mesin cuci dinyalakan, alat ini akan membuat vibrasi yang cukup kencang dan akan semakin kencang jika tidak berada diletakkan pada posisi yang rata. Vibrasi tersebut dapat membuat bagian dalam mesin cuci cepat rusak serta merusak lantai rumah.

Selalu Cek Selang Sebelum Digunakan

Mesin cuci otomatis atau semi otomatis selalu memiliki tiga selang yang terkoneksi pada bagian dalam atau luar dari mesin cuci. Pastikan selang-selang tersebut tidak mengalami keretakan maupun kebocoran, karena hal itu bisa merusak mesin cuci secara keseluruhan. Selang pembuangan juga harus lebih sering dicek, karena pada selang ini mudah terjadi penyumbatan.

Lakukan Deep Cleaning

Bagian dalam dan luar mesin cuci harus dibersihkan dan diperiksa secara berkala. Jika pakaian yang dicuci terlihat tidak sebersih sebelumnya, maka hal ini menunjukkan bahwa terjadi masalah di bagian filter atau bagian lain dari mesin cuci tersebut. Jika merasa kesulitan ketika melakukan deep cleaning atau terjadi masalah pada mesin cucimu, aplikasi Grab menawarkan layanan Clean & Fix untuk memberikan solusi yang praktis!

Dengan Grab Clean & Fix teknisi profesional dapat dipanggil untuk memperbaiki mesin cuci dengan cepat. Tentunya para teknisi juga mengikuti protokol kesehatan yang saat ini berlaku.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)