Bunga Daffodil, Filosofi dan Manfaat di Balik Bunga yang Cantik Tapi Beracun

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 17 Jul 2020 10:35 WIB
Bunga Daffodil Foto: Flower Meaning/Bunga Daffodil
Jakarta -

Bunga Daffodil atau yang biasa juga disebut bunga Narcissus adalah bunga yang biasanya tumbuh dan ditemukan saat musim semi. Bunga ini memiliki bagian tengah yang terlihat seperti terompet kecil. Umumnya bunga Daffodil memiliki warna kuning, namun beberapa jenis bunga Daffodil juga memiliki warna putih, pink, atau bahkan hijau. Bunga Daffodil biasanya sering dijadikan sebagai tanaman hias atau dirangkai dalam bentuk buket.

Seperti dikutip dari Flower Meaning, bunga Daffodil adalah simbol dari permulaan baru, terlahir kembali, kreatifitas, inspirasi, semangat, kesadaran, ingatan, dan pengampunan. Nama lain bunga Daffodil, Narcissus, diambil dari nama dewa Yunani. Menurut legenda, Narcissus sangat terpikat dengan bayangannya sendiri di sungai, sehingga dia mencoba menangkap bayangannya sampai tenggelam di sungai. Lalu bunga yang tumbuh di sepanjang sungai setelahnya dinamakan Narcissus. Nama Narcissus diambil mungkin dikarenakan keindahan gambar pantulan dari bunga Daffodil di air.

Bunga Daffodil adalah tanaman asli dari Mediterani yang dapat tumbuh setinggi 2 kaki atau setara dengan 60 cm. Di beberapa negara, bunga ini sering dijadikan simbolisme yang memiliki arti berbeda-beda. Berikut ini beberapa arti simbolisme bunga Daffodil di berbagai negara:

China: Simbol nasib baik. Bahkan bunga tersebut cukup dihargai karena mampu menghasilkan hal-hal positif, sehingga dijadikan sebagai simbol resmi tahun baru China.

Jepang: Simbol kesenangan dan kebahagiaan.

Prancis: Simbol harapan.

Britania Raya: Menurut legenda, orang yang menemukan bunga Daffodil pertama akan diberkati dengan lebih banyak emas daripada perak di tahun mendatang.

Eropa: Jika tatapanmu dapat membuat bunga Daffodil menjadi terkulai, maka itu pertanda akan datang kematian.

Amerika Serikat: Simbol resmi untuk Asosiasi Kanker Amerika, melambangkan harapan untuk penyembuhan. Bunga Daffodil juga serig digunakan sebagai simbol dari 10 tahun usia pernikahan.

Bunga DaffodilBunga Daffodil Foto: Flower Meaning

Walaupun memiliki tampilan yang cantik dan aroma yang harum, namun ternyata bunga Daffodil mengandung racun. Jika mengonsumsi langsung bagian bunganya maka racun tersebut akan bereaksi dan dapat berakibat fatal hingga kematian.

Walaupun beracun namun bunga Daffodil ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan rasa sakit yang terkait dengan radang sendi, luka, luka bakar, dan strain. Selain itu, bunga Daffodil juga dianggap dapat membantu mengobati asma, pilek, dan batuk. Namun pemakaiannya perlu sangat berhati-hati karena bunga Daffodil juga dapat menjadi obat yang berbahaya. Saat ini penelitan mengenai tanaman Narcissus untuk mengobati penyakit Alzheimer masih sedang berlangsung.

Minyak dari bunga Daffodil juga dapat dijadikan wewangian untuk relaksasi dan mengurangi stres. Namun jangan menggunakannya terlalu banyak karena penggunaan yang terlalu banyak justru dapat menyebabkan sakit kepala dan muntah. Minyak bunga Daffodil juga dapat digunakan dalam parfum dan kosmetik.



Simak Video "Video Dahsyatnya Ledakan di Beirut Terekam Saat Prewedding"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)