5 Cara Menghilangkan Noda Luntur Pada Baju Putih

Lukita Wardani - wolipop Senin, 06 Jul 2020 06:04 WIB
one coloured one white pile of washing Ilustrasi cara menghilangkan noda luntur pada baju putih. Foto: thinkstcok
Jakarta -

Bagaimana cara menghilangkan noda luntur pada baju putih? Membersihkan noda pada baju bisa menggunakan roti gandum atau jenis roti lainnya. Selain untuk menurunkan berat badan roti bisa menahan noda baju agar tidak luntur dan menyebar kebagian lainnya.

Ketika baju putih kamu terkena noda terutama noda berminyak ambillah sepotong roti dan tempelkan pada noda tersebut. Roti bisa bisa menyerap noda seperti spons, hal tersebut lah yang mencegah noda bergeser dan masuk ke dalam serat-serat kain. Bahkan noda minyak yang membandel pun bisa dihilangkan dengan menggunakan roti dan diamkan roti selama satu jam, namun pastikan roti tersebut belum kamu oleskan mentega atau selain.

Selain roti gandum, berikut 5 cara menghilangkan noda luntur pada baju putih atau baju warna lainnya:

1. Shaving Cream atau Krim Cukur

Krim cukur sendiri merupakan sabun kocok yang siap pakai. Krim tersebut tidak mengandung gel atau tambahan pelembab dan warna sehingga baik untuk menghilangkan noda baju.

Cara menghilangkan noda luntur di baju putih atau baju berwarna memakai krim cukur cukup dengan basahi baju yang terkena noda dengan air lalu oleskan krim cukur dengan jari kamu. Kemudian basuh baju dengan air dingin atau bisa juga dengan mencelupkan baju yang terkena noda ke dalam air dingin.

Jangan lupa pisahkan baju yang terkena noda dari baju warna lainnya khususnya putih agar tidak menyebabkan kelunturan. Setelah dibilas keringkan dengan blow dryer.

2. Vodka

Minuman beralkohol ini ternyata bisa berfungsi mengembalikan warna baju putih yang kena luntur atau baju warna lainnya. Caranya cukup dengan tumpahkan vodka ke sebuah kapas lalu tempelkan kapas tersebut ke noda luntur pada baju kamu kemudian gosok perlahan. Setelah noda bersih bilas baju dengan air bersih.

3. Kapur Putih

Senior washwoman hanging a shirt on the hanger standing in the professional laundryIlustrasi cara menghilangkan noda luntur pada baju putih. Foto: Dok. iStock

Kapur putih juga bisa menjadi cara menghilangkan noda luntur pada baju putih secara alami. Saat baju putih kamu mengalami kelunturan atau terkena noda, gosok bagian tersebut dengan sepotong kapur putih. Kemudian biarkan selama lima menit agar noda menyerap ke kapur. Setelah itu bilas, ulangi hingga noda membandel bersih.

4. Lemon atau Jeruk Nipis

Perasan lemon atau jeruk nipis mengandung 100 persen bahan alami yang bisa memutihkan kain karena asam asetat. Jika baju kamu kelunturan gunakan lemon atau jeruk nipis untuk membantu menghilangkan noda tersebut.

5. Garam Dapur

Kandungan elemen abrasive di dalam garam dapat menghilangkan noda luntur pada baju kamu. Cara menghilangkan noda luntur di baju adalah taburi garam dapur ke baju yang terkena noda, diamkan hingga garam menyerap noda, setelah itu bilas dengan air bersih.

Dari lima cara menghilangkan noda luntur pada baju putih atau baju berwarna lainnya ini, mana yang sudah pernah kamu coba atau ingin kamu terapkan? Semoga berhasil ya.



Simak Video "Melania Trump Masih Batuk-batuk Usai Sembuh dari Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)