7 Manfaat Berkebun untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Lukita Wardani - wolipop Minggu, 28 Jun 2020 07:03 WIB
Ilustrasi berkebun di rumah Ilustrasi manfaat berkebun. Foto: Getty Images/iStockphoto/doidam10
Jakarta -

Akhir pekan tiba, waktunya berkebun! Berkebun bukan hanya tentang membuat rumah anda terlihat bagus dan asri. Penelitian menunjukan berbagai manfaat berkebun. Mulai dari membantu penurunan berat badan dan tekanan darah hingga dapat meningkatkan suasana hati juga kesehatan mental.

Berkebun pun kini tengah jadi tren seiring pandemi Corona mengharuskan sebagian besar orang di rumah saja. Berkebun di rumah menjadi salah satu hobi yang banyak dicoba untuk mengisi kegiatan.

Apakah kamu termasuk yang mencoba berkebun selama pandemi Corona ini? Berikut 7 manfaat berkebun untuk kesehatan jiwa dan raga yang akan kamu rasakan:

1. Dapat Membakar Kalori

Ini merupakan kabar gembira buat kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Seperti dikutip dari Goodhousekeeping, ternyata meluangkan waktu berkebun satu jam dapat membakar sekitar 330 kalori.

Menurut studi di American Journal Of Public Health tahun 2013, pria dan wanita yang melakukan aktivitas berkebun juga memiliki indeks massa tubuh yang secara signifikan lebih rendah daripada yang tidak berkebun.

2. Menurunkan Tekanan Darah

Berkebun bermanfaat untuk kesehatan. Hanya dengan 30 menit berkebun setiap hari dalam semjnggu dapat mencegah dan mengendalikan tekanan darah tinggi. Bahkan The National Heart, Lung and Blood Institute merekomendasikan untuk berkebun selama 30-45 menit agar menekan tekanan darah agar tidak tinggi.

3. Menghabiskan Waktu di Luar Baik Untuk Tulang

Ketika kalian berkebun di luar ruangan kulit dan tubuh anda terkena sinar matahari yang mengandung vitamin D. Selain itu sinar matahari baik untuk menurunkan risiko kanker kulit.

berkebun di rumahIlustrasi manfaat berkebun di rumah. Foto: Getty Images/fotografixx

4. Mengonsumsi Makanan yang Lebih Sehat

Selain latihan fisik, berkebun juga mengharuskan orang yang melakukannya untuk merawat tanamannya. Salah satu tanaman yang banyak diipilih untuk berkebun adalah sayuran. Menanam sayur dapat mempromosikan pola makan sehat. The Dietary Guidelines merekomendasikan setidaknya mengkonsumsi 2 atau 1,5 cangkir sayuran per hari untuk mendapatkan nutrisi yang baik sehingga mengurasi risiko penyakit kronis.

5. Berkebun Bisa Menghilangkan Stres

Manfaat berkebun yang dapat kamu rasakan di tengah pandemi Corona ini adalah membantu menurunkan tingkat stres. Berkebun berkolerasi positif dengan pengurangan gejala depresi dan kecemasan, menurut meta-analisis 2017 dalam Laporan Pengobatan Preventif yang melihat 22 studi kasus berbeda.

Beberapa rumah sakit bahkan menggunakan metode penanaman dan merangkai bunga sebagai jenis rehabilitasi bagi orang yang baru pulih dari cedera, stroke, operasi, dan kondisi lainnya. Program terapi hortikultura NYU Langone membantu pasien membangun kembali kesehatan fisik dan mental dengan mengajarkan keterampilan baru yang dapat mengembalikan kepercayaan diri.

6. Dapat Berkebun Dengan Komunitas

Kalian tidak hanya bisa melakukan aktivitas berkebun seorang diri tapi juga bisa bersama dengan komunitas. Sehingga mereka yang berkebun memiliki kesehatan dan mood yang lebih baik. Namun di tengah pandemi Corona ini, alangkah baiknya untuk mencoba berkebun di rumah dulu.

Artis yang hobi berkebun selama pandemi COVID-19Artis yang hobi berkebun selama pandemi COVID-19 Foto: Instagram

7. Berkebun Bisa Membuat Bahagia

Manfaat berkebun juga dapat membantu meningkatkan mood. Sebuah meta analisis pada 2017 menghubungkan berkebun dengan peningkatan kualitas hidup dan pengurangan gangguan mood. Hal ini mungkin ada hubungannya dengan mengubah pola pikir dan pandangan anda terhadap sesuatu.

Itulah tujuh manfaat berkebun untuk kesehatan jiwa dan raga kamu. Selamat berkebun ya.



Simak Video "Lagi #DiRumahAja, Cobain Berkebun Sayur di Lahan Sempit"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)