7 Cara Menghilangkan Bau Sepatu yang Ampuh dan Cepat

Hestianingsih - wolipop Senin, 22 Jun 2020 16:30 WIB
Woman Holding Dirty Stinky Shoes Covering Her Nose Ilustrasi cara menghilangkan bau sepatu. Foto: iStock
Jakarta -

Bau tak sedap pada sepatu bisa disebabkan karena keringat yang bercampur dengan bakteri. Bau sepatu juga bisa dikarenakan adanya jamur pada kaki yang dipicu dengan kondisi lembap di bagian dalam sepatu.

Bau kaki dan bau sepatu bisa membuat kamu tak percaya diri dan bahkan mengganggu kenyamanan orang lain. Terlebih lagi jika harus ke tempat yang mengharuskan buka sepatu, bau yang tersebar dari kaki, tentu akan mengganggu aktivitas.

Ada beberapa cara menghilangkan bau sepatu yang bisa kamu coba. Seperti menghilangkan bau sepatu dengan kopi atau menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi. Ini tujuh cara menghilangkan bau sepatu yang ampuh dan cepat.

1. Menghilangkan Bau Sepatu dengan Baking Soda

Spoonful of baking soda and glass of waterMenghilangkan bau sepatu dengan baking soda. Foto: iStock

Cara menghilangkan bau sepatu dengan baking soda adalah dengan menaburkannya di dalam bagian dalam sepatu dan diamkan semalaman. Pagi harinya buang baking soda dan bau tak sedap akan hilang. Baking soda mengandung properti yang bisa menyerap sekaligus menghilangkan bau.

Selain cara pertama, kamu bisa mencoba cara kedua yang lebih hemat. Buat sendiri penghilang bau sepatu yang bisa dipakai berulang kali menggunakan kaus kaki bekas. Siapkan dua kaus kaki bekas lalu isi masing-masing dengan 2 sendok makan baking soda. Setelah diisi, ikat kaus kaki dan selipkan ke ujung sepatu, lalu diamkan semalaman.

2. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Garam

salt shaker on black kitchen tableMenghilangkan bau sepatu dengan garam. Foto: iStock

Seperti dikutip dari Reader's Digest, sneakers dan sepatu berbahan kanvas bisa jadi sangat bau karena jenis material yang mudah menyerap keringat sehingga bagian dalamnya cenderng lembap. Terlebih lagi jika kamu terbiasa memakainya tanpa kaus kaki, minyak dan keringat bisa langsung menempel pada bagian dalam.

Kamu bisa menggunakan garam dapur untuk membantu menghilangkan bau tak sedap pada sepatu dengan cara menaburkannya ke dalam sepatu. Diamkan semalaman, lalu buang garam di pagi harinya, dan bau sepatu tak sedap akan jauh berkurang.

3. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Minyak Esensial

Sage and essential oil in a bottle, alternative medicine and spaMenghilangkan bau sepatu dengan minyak esensial. Foto: iStock

Tuangkan beberapa tetes minyak esensial ke bagian dalam sepatu untuk memberikan aroma segar. Pilih yang punya properti 'deodorizer' dan antibakteri seperti eucalyptus (kayu putih), cengkeh atau tea tree oil.

Jika tidak mau bagian dalam sepatu terasa licin karena tetesan minyak esensial, kamu bisa menuangkannya terlebih dahulu ke kertas atau tisu, baru masukkan ke sepatu dan diamkan semalaman.

4. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Alkohol

Alkohol 70 persen.Menghilangkan bau sepatu dengan Alkohol 70 persen. Foto: Getty Images/iStockphoto/Tapanakorn Katvong

Alkohol 70% tak hanya mengurangi bau tak sedap pada sepatu tapi juga sebagai disinfektan. Kamu hanya perlu menuangkan sedikit alkohol ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke bagian sepatu yang bau, biasanya berada di dalam ujung sepatu. Diamkan semalaman untuk melihat hasilnya.

5. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Bedak Bayi

Bedak bayiMenghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi. Foto: Thinkstock

Bedak bayi bisa kamu gunakan untuk mencegah sepatu jadi bau saat dipakai seharian. Sebelum memakai sepatu, taburkan bedak bayi ke seluruh bagian dalam sepatu, untuk menjaganya tetap kering dan bebas bau. Bedak bayi akan menyerap keringat dan minyak di kaki sekaligus mengharumkannya.

6. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Teh

-Menghilangkan bau sepatu dengan teh celup. Foto: iStock

Teh hitam atau teh merah mengandung tannin yang efektif membunuh bakteri penyebab bau sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan teh, masukkan teh celup dalam air mendidih selama 2-3 menit.

Angkat teh, lalu biarkan hingga dingin. Masukkan kantong teh ke sepatu dan diamkan sekitar satu jam. Setelah itu keluarkan kantong teh dan keringkanbagian dalam sepatu dengan tisu jika masih ada sisa air.

7. Cara Menghilangkan Bau Sepatu dengan Bubuk Kopi

Food and Drink, Raw Coffee Bean, Human Hand, Top ViewMenghilangkan bau sepatu dengan kopi. Foto: iStock

Kopi bermanfaat menghilangkan dan menetralkan bau, termasuk bau pada sepatu. Kamu bisa memasukkan 1-2 sendok teh kopi bubuk ke kaus kaki bekas atau filter kopi lalu bungkus. Masukkan bungkusan kopi tersebut ke dalam sepatu dan diamkan semalaman.



Simak Video "Mengapa Bersepeda Jadi Tren di Era New Normal?"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)