Tips Pelihara Sugar Glider untuk Pemula

Tim Wolipop - wolipop Senin, 08 Jun 2020 06:55 WIB
sugar glider di kawasan Ocean View, Queensland Foto: Dok. ABC Open Contributor elizagrams via ABC News/Tips Pelihara Sugar Glider untuk Pemula
Jakarta -

Sugar glider atau Petaurus Breviceps tergolong dalam hewan mamalia berkantung seperti Kanguru dan Koala. Hewan itu dapat tinggal di daerah tropis dan beriklim sejuk di Australia, Indonesia, dan Papua Nugini.

Hewan ini berwarna abu-abu dengan perut bagian bawah berwarna putih dan kepala mereka memiliki garis-garis hitam. Mereka suka meluncur dan terbang dengan menggunakan selaput di antara kaki depan dan belakang.

Dilansir nationalgeographic.com, nama sugar glider diberikan karena hewan ini suka makanan manis. Mereka juga suka buah, sayuran dan ulat. Beri makanan sehari tiga kali secara variasi makanan itu 3 hari sekali. Selain itu mereka suka meluncur dan terbang seperti hang glider.

Meski dapat meluncur dan terbang namun mereka tidak punya sayap. Karena itulah hewan yang disebut mirip tupai ini disebut tupai terbang. Sugar glider aktif pada malam hari. Mereka dapat melihat dengan baik dalam keadaan gelap dengan mata hitam besar mereka.

Untuk perawatan sugar glider, mereka suka diajak bermain. Semakin sering diajak bermain mereka akan semakin menurut. Hewan ini suka menggigit untuk mempertahankan diri. Selain itu, kuku sugar glider suka menyangkut dan ditarik paksa sehingga kerap patah. Karena itu kuku hewan itu harus dipotong seminggu sekali agar tidak infeksi.

Untuk memandikan hewan ini, basuh dengan air hangat dan usapkan sampo bayi ke tubuhnya sambil memijat-mijat tubuhnya. Kemudian bilas dengan air dan keringkan tubuhnya dengan handuk. Meski sudah mandi, sugar glider jantan memiliki bau yang sangat kuat. Hal ini ditandakan sedang ingin kawin.

Jangan lupa untuk sering membuang kotoran sugar glider. Karena hewan ini cukup sulit diajarkan tidak membuang kotoran sembarangan.

Sugar glider dapat berumur hingga 15 tahun. Hewan ini dapat tinggal di sebuah pouch di dalam kandangnya dengan isi ranting kayu dan roda. Hal ini sebagai sarana untuk bermain karena binatang ini sangat aktif.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)