Etiket Makan Ayam Goreng, Pakai Tangan Tapi Tetap Sopan

Hestianingsih - wolipop Senin, 01 Jun 2020 09:15 WIB
fried chicken Ilustrasi wanita makan ayam goreng. Foto: iStock
Jakarta -

Ayam goreng merupakan makanan paling universal yang disukai hampir semua orang di dunia termasuk Indonesia. Tiap negara pun punya resep ayam goreng yang jadi ciri khas tersendiri.

Dari banyaknya varian olahan, ayam goreng tepung dan chicken wings bisa dibilang termasuk jenis yang paling umum dan populer. Siapa yang bisa menolak renyah dan juicy-nya ayam goreng, terutama jika disantap saat masih panas?

Makan ayam goreng sepertinya perkara mudah. Tinggal ambil sepotong ayam, cocol saus sambal, langsung masuk mulut atau bisa disantap dengan nasi.

Tapi ternyata makan ayam goreng pun ada etiketnya. Ayam goreng adalah jenis makanan 'casual' yang artinya 'aman' dimakan sendirian, bersama keluarga atau teman.

fried chicken wingsIlustrasi ayam goreng. Foto: iStock


Tapi pakar etiket Diane Gottsman tidak menyarankan kamu pesan ayam goreng jika sedang dalam 'misi' meninggalkan kesan positif pada orang tertentu. Misalnya calon klien, atasan atau calon mertua.

"Saat jalan bareng keluarga atau teman dekat, chicken wings panas sangat boleh dipesan, tapi lewatkan saja ketika kamu makan bersama orang yang ingin kamu buat terkesan," tutur Diane, seperti dikutip dari Reader's Digest.

Ayam goreng dan chicken wings juga tidak seharusnya disantap menggunakan sendok dan garpu. Sebab, ayam goreng masuk dalam kategori finger food, yang artinya dimakan dengan jari-jari (finger) tangan.

Closeup front view of cute little girl eating fried chicken and yes,enjoying it. She has a piece of chicken stuck on a fork and biting it with pleasure. Her eyes are closed, the girl is wearing pink t-shirt.Remaja makan ayam goreng. Foto: iStock


"Tapi main aman saja dengan tidak memesan ayam yang bumbu atau sausnya terlalu banyak, berminyak atau lengket," kata Diane.

Dia juga mengingatkan agar tidak menjilati jari-jari tangan yang telah berlumuran bumbu karena jadinya terkesan jorok dan tidak sopan. Maka dari itu selalu sediakan tisu atau sapu tangan.

Tips lainnya soal etiket makan ayam datang dari Kimberly Schlegel Whitman. Praktisi gaya hidup, presenter TV dan penulis ini menyarankan agar kamu membungkus bagian ujung ayam goreng terlebih dahulu dengan tisu sebelum makan.

Misalnya jika makan ayam goreng bagian paha bawah atau drum stick, bungkus kakinya dengan tisu. Baru setelah itu makan dengan gigitan kecil untuk mencegah remahannya jatuh dan berantakan.



Simak Video "Ini Alasan Makan Malam Bisa Buat Gendut"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)