New Normal, Ini Cara Membersihkan Tas dan HP Setelah dari Luar Rumah

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 29 Mei 2020 09:06 WIB
Drones carry bags, the creations from the Dolce & Gabbana Autumn/Winter 2018 womens collection during Milan Fashion Week in Milan, Italy February 25, 2018.  REUTERS/Tony Gentile Foto: Thinkstock/Cara Membersihkan tas, sepatu, HP dan jam tangan agar terhindar dari virus Corona.
Jakarta -

Pandemi Corona telah membuat kita semakin peduli akan kondisi kesehatan. Agar tidak terjangkit, kita tentu saja perlu menjaga pola hidup sehat, apalagi memasuki masa new normal ini. Saat memasuki fase new normal di mana orang-orang kembali beraktivitas seperti sedia kala, membersihkan barang-barang yang sering dibawa dan digunakan setelah kembali ke rumah tetap penting dilakukan, seperti, ponsel, sepatu, tas dan dompet, pakaian, serta jam tangan. Jangan sampai barang-barang tersebut menjadi sarang virus dan bakteri yang kemudian bisa menginfeksi tubuhmu. Seperti dikutip dari South China Morning Post, berikut ini beberapa barang yang sering digunakan sehari-hari dan cara membersihkannya.

1. Cara Membersihkan Ponsel

Membersihkan PonselMembersihkan Ponsel Foto: businessinsider


HP atau ponsel adalah salah satu benda yang paling sering tersentuh oleh tangan kita. Itu membuat telepon genggam berisiko menjadi penyebar virus dan bakteri. Untuk membersihkan ponsel dari virus dan bakteri, kamu bisa menggunakan campuran distilled water atau air suling dengan 70 persen isopropil alkohol. Semprotkan campuran tersebut pada kain yang akan kamu gunakan untuk membersihkan ponsel.

Cara kedua, kamu juga bisa menggunakan tissue disinfektan yang memiliki kandungan sama. Untuk area yang lebih kecil, seperti sekitar lensa kamera atau tombol, kamu bisa menggunakan cotton bud kering atau tusuk gigi kayu untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel.

2. Cara Membersihkan Tas dan Dompet Kulit

tas dari kulit hewantas dari kulit hewan Foto: Dok. PETA Asia


Selain ponsel, barang lainnya yang selalu dibawa kemanapun kamu pergi adalah tas tangan dan dompet kulit. Tentu saja hal itu membuat tas dan dompet menjadi barang yang perlu dibersihkan agar tidak membawa virus dan kuman. Sama seperti ponsel, kamu bisa menggunakan tissue disinfektan untuk membersihkan kotoran pada bagian luar tas dan dompet kulit milikmu. Setelahnya kamu bisa menuangkan sedikit hand sanitizer di tanganmu lalu oleskan pada permukaan tas dan dompet kulit dengan menggunakan kapas atau tissue. Pastikan untuk mengoleskannya pada bagian pegangan atau gagang dan bawah tas, lalu biarkan mengering.

Untuk bagian dalam, kamu bisa membersihkannya dengan sikat lembut. Perhatikan juga aksesoris keras yang terdapat pada tas atau dompetmu. Beberapa dompet dan tas biasanya dihiasi dengan logam seperti paladium. Untuk membersihkannya, kamu bisa menggunakan sikat lembut dan kain lembut untuk mengeringkannya. Jika kamu ingin memperbaiki atau mencegah goresan pada tas dan dompet kulitmu maka kamu juga bisa mencoba menggunakan kondisioner khusus untuk bahan kulit.

3. Cara Membersihkan Sepatu

Sepatu adalah alas kaki yang selalu kita gunakan setiap hari ketika keluar rumah. Sudah jelas jika sepatu berpotensi besar menyimpan virus dan bakteri. Untuk membersihkannya, kamu bisa mencampurkan sabun cair anti bakteri dengan air hangat dan gosok permukaan sepatu dengan lembut. Setelahnya, bilas sisa sabun dengan air hangat.

Namun jika kamu merasa hal itu tidak cukup karena kamu memiliki sepatu yang sangat kotor maka kamu bisa membersihkannya dari virus dan kuma dengan merendam sepatu di dalam wadah berisi alkohol untuk membunuh bakteri. Sepatu yang terbuat dari bahan yang mudah rusak harus dibilas dengan lembut setelahnya. Untuk bagian dalam, kamu bisa menggunakan air yang dicampur dengan pemutih. Namun untuk sepatu berwarna, kamu harus berhati-hati dalam menyemprotkan cairan pemutih tersebut.

4. Cara Mencuci Pakaian

Agar terbebas dari bakteri dan virus, pakaian yang telah dipakai harus selalu dicuci dengan bersih. Untuk mencucinya, kamu bisa mengikuti instruksi yang ada di label pakaian. Jika istruksi tersebut menyarankan untuk cuci kering maka kamu harus mengikutinya agar pakaian tidak rusak. Beberapa pakaian mahal dan berbahan halus biasanya lebih disarankan untuk dicuci menggunakan tangan agar lebih awet.

Cara terbaik untuk mencuci pakaian agar terbebas dari virus dan bakteri adalah dengan menggunakan campuran deterjen ringan dan air hangat untuk merendam. Untuk pakaian yang tidak terlalu kotor, kamu cukup merendamnya selama dua hingga tiga menit. Disarankan untuk melakukan pengeringan dengan udara, bukan menggunakan pengering bersuhu panas karena dapat merusak bahan pakaian.

5. Cara Membersihkan Jam Tangan

jam tangan aignerjam tangan aigner Foto: Daniel Ngantung/Wolipop


Untuk mencegah jam tangan yang sering kamu gunakan menjadi sumber virus dan bakteri, maka kamu perlu membersihkannya. Caranya sangat mudah, cukup dengan mencampurkan air hangat dengan sabun pencuci piring. Lalu celupkan kain chamois atau sikat gigi berbulu halus ke dalam campuran cairan tersebut dan gunakan untuk menggosok permukaan jam tangan.

Jika tali jam tanganmu terbuat dari kulit, maka kamu bisa membersihkannya dengan kain yang sudah diberi cairan disinfektan. Sedangkan untuk tali jam berbahan logam seperti baja, emas, dan perak, perlu dibersihkan sikat lembut dan air sabun.



Simak Video "Rugi Miliaran Gegara Corona, EO Putar Otak Bikin Pertemuan Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)