10 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Berubah Sejak Pandemi Corona

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 14 Mei 2020 03:30 WIB
Work from home Foto: dplnews
Jakarta -
Pandemi Corona tanpa disadari membuat gaya hidup kita sehari-hari sedikit banyak berubah. Selain jadi lebih waspada dengan kebersihan dan kesehatan, masa karantina karena virus Corona menciptakan kebiasaan-kebiasaan baru yang sebelumnya tidak bisa dilakukan. Mulai dari lebih sering masak hingga kembali ke hobi masa muda, berikut 10 kebiasaan sehari-hari yang berubah sejak pandemi Corona merebak.

Hobi Nostalgia
Sejak pandemi Corona, banyak orang beralih ke hobi nostalgia. Berdasarkan riset yang dilaporkan Waitrose & Partners dan Deliveroo, masa karantina membuat orang beralih ke hobi masa kecil atau kemampuan mereka yang sudah lama ditinggalkan untuk mengisi waktu luang. Misalnya saja untuk menjahit, menyulam, memasak, hingga berkebun.

Lebih Sering Masak
Larangan untuk keluar rumah juga membuat orang lebih sering memasak. Mereka yang biasanya membeli makan siang di kantin kantor, katering, atau take away kini memilih mengolahnya sendiri agar lebih aman. Karena itu, penjualan alat masak pun mengalami peningkatan.

Coffee Shop Dadakan
Kopi juga sudah menjadi bagian dari hidup sehari-hari para millennial. Karena kini sulit untuk mengunjungi kedai kopi favorit, banyak orang mencoba bikin sendiri di rumah. Apalagi beberapa coffee shop mulai menjual kopi atau minuman dalam bentuk bubuk bahkan versi sudah jadi dalam botol besar.

Kopi dalgonaKopi dalgona Foto: Getty Images/iStockphoto/Jennifer Gauld
Salon Rumahan
Sebagian wanita masih mencoba menjaga kecantikan meski hanya di rumah saja. Belakangan peralatan untuk manikur, mengecat rambut, merawat kulit wajah, bahkan potong rambut juga banyak dicari.

Fashion yang Nyaman
Koleksi baju yang stylish dan trendy dua bulan ini kurang diminati. Kini kebanyakan orang lebih memilih potongan dan material yang nyaman ketika membeli busana. Karenanya, penjualan setelan kasual dan baju tidur mengalami peningkatan.

Delivery Makanan Beku
Aplikasi ojek online telah lama memudahkan orang untuk memesan makanan. Kini jumlah serta jenis makanan yang dipesan pun mengalami perubahan. Dikatakan jika sekarang lebih banyak pesanan dalam jumlah besar untuk berbagi dengan keluarga. Selain itu, pesanan makanan beku atau setengah matang juga jadi favorit para ibu-ibu.

Ilustrasi Ibu Masak SehatIlustrasi Ibu Masak Sehat Foto: shutterstock
Makan Malam Lebih Awal
Karena tidak banyak kegiatan dan hanya di rumah saja, waktu makanan malam pun jadi lebih awal. Menurut penelitian sebelumnya makan malam biasa dimulai pada 19:30 tapi kini jadwalnya lebih cepat 30 menit.

Belanja Sayur Online
Banyak ibu-ibu yang untuk pertama kali menggunakan situs belanja online untuk beli sayuran. Anjuran untuk social distancing dan kekhawatiran untuk keluar rumah mau tak mau membuat mereka beralih. Tak selalu buruk, dampak ini membuat sejumlah orang lebih update dengan teknologi dan variasi makanan.

Belanja onlineBelanja online Foto: shutterstock
Pesta Ulang Tahun Virtual
Ulang tahun telah menjadi perayaan yang sebelumnya tidak bisa dilewatkan. Tapi karena pandemi Corona, banyak orang harus puas dengan pesta virtual. Meski tidak bisa bertemu, beberapa teman atau saudara pun mengirimkan makanan atau hadiah sebagai gantinya.

Berpikir Tentang Diri Sendiri
Meski membuat jenuh dan merugikan, pandemi Corona membuat sebagian orang sadar bahwa mereka tetap bisa hidup tanpa banyak meninggalkan rumah. Jika sebelumnya banyak orang sering beralih ke mal untuk bukber atau mencari hiburan, kini kita tahu bahwa diam di dalam rumah kadang lebih aman. Berdiam di rumah juga membuat orang bisa berpikir lebih jernih mengenai jati diri dan apa yang benar-benar diperlukan dalam hidup.



Simak Video "Rugi Miliaran Gegara Corona, EO Putar Otak Bikin Pertemuan Virtual"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)