4 Kebiasaan yang Bikin Kulkas Kamu Cepat Rusak

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 11 Mei 2020 10:41 WIB
Young woman in the kitchen Foto: Istimewa
Jakarta -

Perabotan elektronik berukuran besar seperti kulkas biasanya bisa bertahan cukup lama. Untuk kulkas berkualitas baik umumnya bisa digunakan lebih dari 10 tahun.

Namun umur ketahanan kulkas bisa lebih pendek jika kamu tidak tepat menggunakan dan merawatnya. Ini empat kebiasaan yang bisa membuat kulkas cepat rusak, seperti dikutip dari Reader's Digest.

1. Jarang Membersihkan Kulkas

Makanan, serpihan-serpihan, tumpahan cairan dan kotoran pada rak pintu kulkas yang dibiarkan terlalu lama bisa merusak bagian karet pada pintu kulkas. Hal ini menyebabkan dia tak bisa lagi menutup rapat dengan sempurna hingga udara dingin dari dalam kulkas mengalir keluar. Akibatnya kulkas jadi tidak terlalu dingin dan cepat rusak.

Agar kulkas lebih tahan lama, rajin-rajinlah membersihkan kulkas terutama bagian rak pintu. Hindari menumpuk makanan atau minuman terlalu banyak di area itu dan simpamlah produk sesuai kapasitas kulkas.

2. Tidak Pernah Membersihkan Kumparan Kondensor Kulkas

Kumparan kondensor mungkin menjadi salah satu bagian dari kulkas yang paling jarang dibersihkan. Padahal bagian berbentuk mirip spiral ini sangat penting dirawat untuk menjaga kulkas tetap awet.

Disarankan membersihkan kondensor kulkas setahun sekali. Kondensor kulkas ini umumnya berada di bagian bawah belakang kulkas. Kenapa harus rutin dibersihkan?

Debu dan kotoran pada kulkas bisa membuat kulkas berkurang kemampuannya untuk mengusir panas dengan benar. Akibatnya kompresor akan bekerja lebih keras dan lama dari yang seharusnya. Menggunakan lebih banyak energi akan membuat kulkas lebih cepat rusak.

3. Kulkas Terlalu Penuh

Kulkas yang terlalu penuh bahkan melebihi kapasitas bisa membuat lempengan kipas yang menghantarkan dingin tidak bekerja dengan semestinya. Jika kamu perhatikan, pada dinding bagian dalam kulkas terdapat kipas yang berfungsi membuat ruangan tetap dingin. Ketika kipas ini terhalang atau tertekan oleh tumpukan barang maka ia tidak dapat mendinginkan ruangan dengan maksimal.

Untuk menghindari tumpukan barang, sortir isi kulkas kamu minimal seminggu sekali. Buang makanan atau minuman yang sudah lebih dari satu minggu, yang sudah basi atau kedaluwarsa.

4. Temperatur Freezer Terlalu Tinggi

Mengatur temperatur pada kulkas dan freezer juga tak kalah penting. Jika kamu mengatur suhu terlalu tinggi akan berpengaruh pada ketahanan kulkas juga makanan yang disimpan di dalamnya. Idealnya, temperatur freezer harus dijaga antara -15 sampai -17 derajat Celsius.

Temperatur freezer lebih tinggi dari -19 derajat Celsius akan membuat alat pengatur panas berhenti berfungsi, membuat kerja kulkas lebih berat dan akhirnya kurang dari lima tahun sudah rusak.



Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)