Cara Seru dan Aman Bukber Bareng Keluarga di Masa Pandemi COVID-19

Nurcholis Maarif - wolipop Rabu, 06 Mei 2020 19:05 WIB
Buka puasa Foto: Shutterstock
Jakarta -

Banyak cara seru untuk memeriahkan buka bersama (bukber) bareng keluarga selama imbauan di rumah aja. Hal ini untuk menghilangkan jenuh dan kebosanan dalam menjalankan Ramadhan tahun ini yang sedikit berbeda akibat COVID-19.

Mau tidak mau dan demi kebaikan bersama, masyarakat harus tetap di rumah dan menjalankan protokol kesehatan yang ditetapkan untuk menekan penyebaran COVID-19. Meski di rumah saja, berikut langkah untuk membuat bukber keluarga lebih seru.

Tentukan Menu Bukber dan Masak Bareng

Kamu bisa memulai dengan membuat daftar dan menentukan menu apa yang akan dihidangkan untuk bukber nanti, terutama agar tidak sama setiap harinya. Lalu cobalah berimprovisasi dengan menu yang dibikin dari biasanya.

Misalnya jika bisanya hanya menu kolak kacang ijo, kali ini bisa ditambah dengan tambahan topping kolang-kaling atau lainnya. Lalu ajak seluruh anggota keluarga untuk membuat dan memasak menu tersebut. Sebab kamu punya waktu lebih lama untuk menghabiskan momen tersebut bareng keluarga.

Mendesain Ruang Makan

Buat ruang makan dan meja berbeda dari hari-hari biasanya, termasuk peralatan makan yang digunakan seperti piring, gelas, dan sendok. Ini penting untuk menciptakan suasana yang lebih istimewa.

Kamu juga bisa membuat dekorasi ruang makan seperti warung makan atau restoran langganan keluarga untuk bukber. Jika perlu menggunakan beberapa peralatan baru, kamu bisa membelinya secara online biar lebih aman.

Bersihkan Bekas Bukber Bareng-bareng

Mumpung lagi melakukan segala sesuatunya serba bareng-bareng, tak terkecuali membersihkan sisanya juga dong. Ini juga penting untuk mengajari anak anggota keluarga lainnya lebih menghargai kebersihan.

Jangan Lupa Abadikan Momen dengan Foto atau Video

Siapkan kamera, cukup dengan ponsel juga tak apa-apa untuk merekam setiap momen selama bukber bareng keluarga. Update foto maupun video ke media sosial agar terlihat lebih meriah. Bila perlu, kamu bisa melakukan video call bareng tetangga atau keluarga di kampung untuk berbagi kondisi saat ini dan terutama tetap menjalin silaturahmi.

Untuk mendukung kegiatan tersebut, pastikan koneksi internet kamu aman. Biar lebih lancar, kamu bisa memanfaatkan paket internet yang disediakan Axis buat yang ingin Kompak Walau Berjarak selama pandemi ini.

Ada dua pilihan paket. Pertama Paket Warnet dengan mekanisme penggunaan per jam dengan harga paling mulai dari Rp 490 untuk 1GB/1 jam. Lalu kedua Paket Sahur dan Bedug, yaitu paket internet spesial untuk Ramadhan yang dapat digunakan pada Sahur (00.00-06.00) dan juga Bedug (17.00-20.00) dengan penawaran 2GB/7 hari Rp 5.500.

Selain itu, lewat campaign maupun promo ini, Axis mengajak seluruh rakyat Indonesia di manapun mereka berada untuk tetap bersatu meskipun terpisahkan oleh social/physical distancing dengan tetap Kompak Walau Berjarak.

Jadi, jangan khawatir jarak akan mengurangi kekompakan, karena Axis siap hadir untuk menjaga kekompakan tersebut lewat paket datanya.

(prf/ega)