Duh! Atap Rumah Bocor Akibat Hujan, Atasi dengan Hal Ini

Angga Laraspati - wolipop Rabu, 29 Apr 2020 15:03 WIB
Bocor Foto: shutterstock
Jakarta -

Beberapa hari ke belakang ini, berbagai kota di Indonesia diterjang dengan cuaca hujan yang disertai angin. Memang bulan-bulan sekarang ini musim hujan masih melanda Indonesia setidaknya untuk beberapa bulan ke depan.

Dilansir dari New York Times, ternyata musim hujan ternyata memberikan dampak yang cukup serius terhadap atap rumah yaitu kebocoran atap. Hal ini biasanya disebabkan oleh atap yang rusak akibat hujan yang deras, selain itu atap yang sudah tua juga menjadi salah satu penyebab atap rumah sering bocor. Masih dari sumber yang sama, untuk mencari tahu atap yang bocor sebaiknya lihat ke sudut-sudut dinding, apakah ada titik-titik basah yang bisa ditemui.

Adapun untuk mengatasi hal tersebut, yang pertama adalah cara yang sudah umum dilakukan yaitu dengan menadahi lantai dengan satu wadah agar tidak terjadi genangan air di lantai. Setelah hujan berhenti, cobalah untuk mengganti langit-langit rumah yang basah, hal ini dikarenakan apabila didiamkan akan membuat kayu lebih cepat membusuk.

Cobalah juga untuk meniriskan kebocoran dari bawah dengan cara mengebor lubang sekitar 3 hingga 5 lubang di tempat yang basah dengan diameter sekitar seperempat inci. Hal ini dilakukan agar area yang basah tidak menyebar dan berdampak kepada atap yang lainnya. Jangan lupa juga untuk menyiapkan wadah agar air yang jatuh tidak menggenang di lantai.

Setelah melakukan hal tersebut, cara lainnya adalah bisa dengan mencari sumber dari kebocoran tersebut yang mungkin saja berada di atap atau genteng rumah. Tentunya ini memerlukan bantuan orang lain bukan? Tenang saja, karena dengan Grab Clean and Fix permasalahan atap rumah yang bocor akan segera tuntas.

(prf/ega)