Cara Mudah Membuat Face Shield Sendiri dari Botol Bekas untuk Cegah Corona

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 24 Apr 2020 18:06 WIB
Anggota komunitas Suzuki Vitara, Escudo dan Sidekick (VES) Bojogres membuat alat pelindung diri berupa pelindung wajah (face shield) di Surabaya, Jawa Timur, Senin (13/4/2020). Pembuatan pelindung wajah sebagai gerakan #1000 face shield tersebut akan disumbangkan kepada tenaga medis yang bekerja di Puskemas yang tersebar di Surabaya, Sidoarjo dan Gresik. ANTARA FOTO/Moch Asim/wsj. Cara membuat face shield sendiri. Foto: Youtube Watchusett Mountain
Jakarta -

Belakangan ini mika plastik pelindung wajah atau face shield menjadi tren baru yang dipercaya dapat melindungi diri dari infeksi COVID-19. Namun efektifitas penggunaan face shield sendiri masih banyak menjadi perdebatan dan perlu diteliti lebih lanjut.

Sampai saat ini, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat atau CDC masih mengatakan bahwa hal terbaik untuk melindungi diri dari COVID-19 adalah dengan melakukan isolasi diri, menjaga jarak sosial, menggunakan masker, hindari menyentuh wajah dengan tangan, dan rajin mencuci tangan menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer. Namun beberapa orang percaya bahwa cukup penting untuk mengambil tindakan pencegahan selangkah lebih maju, seperti dengan menggunakan face shield.

Shan Soe-Lin, seorang dosen urusan global Universitas Yale di New Haven, Connecticut dan ahli imunologi terlatih mengatakan kepada Today bahwa face shield atau mika plastik pelindung wajah tidak perlu dikenakan oleh masyarakat umum. Menurut Soe-Lin, bagi masyarakat umum seperti dirinya, melakukan jaga jarak dan mengenakan masker kain sudah sangat cukup. Face shield tidak dapat menyaring udara dan pada akhirnya hanya berfungsi untuk memblokir tetesan agar tidak mengenai wajah, terutama jika tidak dikenakan bersama dengan masker penutup wajah.

Namun Dr. Amesh Adalja, seorang sarjana senior Johns Hopkins University Center for Health Security di Baltimore, Maryland, yang berfokus pada munculnya penyakit menular dan kesiapsiagaan menghadapi pandemi, mengatakan bahwa face shield atau mika plastik pelindung wajah dapat membantu untuk sementara waktu, selama para ahli bekerja untuk menentukan keefektifan masker kain.

"Pelindung wajah (face shield) dapat berfungsi sebagai penghalang fisik bagi partikel yang kamu pancarkan saat bernafas, dan sebagai pelindung fisik partikel yang mungkin mengenaimu saat seseorang batuk atau bersin. Ini adalah sesuatu yang orang coba pikirkan sebagai peningkatan fungsi dari rekomendasi masker kain," kata Adalja seperti dikutip dari Today.

Walaupun demikian, keduanya sama-sama setuju bahwa jika kamu bukan tenaga medis dan ingin menggunakan face shield, maka kamu lebih baik untuk membuatnya sendiri di rumah dan tidak membeli face shield yang memang ditujukan bagi para petugas garda depan tersebut.

Berikut ini beberapa langkah mudah membuat face shield sendiri dari botol soda bekas seperti dilansir dari Youtube Wachusett Mountain:

1. Siapkan botol plastik bekas minuman soda, gunting, cutter, tali atau pita untuk mengikat, dan silicone strip.

Cara membuat face shieldCara membuat face shield Foto: Youtube Watchusett Mountain


2. Potong bagian belakang botol plastik dengan cutter.

3. Lakukan hal yang sama pada bagian depan botol plastik.

cara membuat face shieldcara membuat face shield Foto: Youtube Watchusett Mountain


4. Cari cetakan nomor yang biasa terdapat pada bagian tengah botol soda plastik.

5. Jika sudah menemukannya, potong botol plastik tersebut pada bagian nomornya agar dapat dilebarkan. Kamu tidak mau bukan bagian nomor itu nantinya akan mengganggu pemandanganmu.

cara membuat face shieldcara membuat face shield Foto: Youtube Watchusett Mountain


6. Setelahnya potong dan rapikan seluruh sisi pinggir plastik agar tidak tajam dan melukaimu saat digunakan.

7. Tempelkan silicone strip pada bagian atasnya untuk melindungi dahimu saat kamu nanti memakainya.

cara membuat face shieldcara membuat face shield Foto: Youtube Watchusett Mountain


8. Bolongkan ujung sisi kiri dan kanan untuk dijadikan tempat tali atau pita.

cara membuat face shieldcara membuat face shield Foto: Youtube Watchusett Mountain


9. Masukkan tali dan selesai. Kamu bisa langsung menggunakannya.

Itulah beberapa langkah mudah membuat face shield sendiri dari botol soda bekas. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!



Simak Video "Desainer Anne Avantie Bikin APD Gratis untuk Tenaga Medis"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/eny)