Usir Bosan di Rumah, Ubah Botol Plastik Bekas Jadi Kreasi Bermanfaat

Inkana Putri - wolipop Rabu, 15 Apr 2020 11:56 WIB
Kerajinan botol plastik Foto: Shutterstock
Jakarta -

Sudah mulai merasa bosan berdiam diri di rumah? Cobalah untuk melakukan hal-hal yang mengasyikkan seperti membuat prakarya dari botol bekas. Selain bisa melatih kreativitas, kegiatan ini juga bisa berkontribusi mengurangi sampah plastik.

Seperti diketahui, botol plastik merupakan jenis sampah yang sulit hancur. Oleh karena itu, ada baiknya memanfaatkan dengan mengubahnya menjadi barang yang berguna. Dilansir dari Cleanipedia, berikut beberapa kerajinan yang bisa dibuat dari botol plastik bekas.

1. Pot tanaman

Karena botol plastik dibuat untuk menampung cairan, dengan begitu botol plastik bisa diubah menjadi pot tanaman kecil. Selain botol plastik, bahan lain yang dibutuhkan adalah pisau, cat akrilik, dan spidol permanen untuk menghias. Cara buatnya pun sangat mudah, hanya perlu memotong bagian atas/leher botol, lalu hias botol sesuka hati dengan cat atau spidol.

2. Gelang plastik

Suka menggunakan gelang? Nah, bisa juga loh mengubah botol plastik jadi gelang. Siapkan botol plastik, gunting, lem, dan lapisi dengan kain. Potonglah bagian atas dan pangkal botol, lalu potong panjang silinder bagian yang tersisa. Tempelkan kain bermotif di dalamnya, dan pastikan bahwa kain merekat dengan baik pada botol.

3. Penyiram Tanaman

Selain pot tanaman, botol plastik juga bisa dibuat sebagai alat penyiram tanaman. Buatlah lubang di sekitar botol dengan menggunakan paku. Pastikan setiap lubang memiliki jarak. Setelah itu, masukkan selang dan nyalakan keran. Nantinya air akan menyebar seperti penyiram tanaman garden sprinkle. Alat ini sangat cocok digunakan untuk menyiram rumput di halaman rumah.

Bagaimana, mudah sekali bukan? Selain bisa berkreasi, kamu jadi bisa mengusir rasa bosan selama karantina di rumah. Ingin mengurangi sampah plastik di rumah tanpa ribet? Sekarang kamu bisa kirim barang bekas, termasuk sampah plastik melalui layanan GrabExpress Recycle.

Bersama Aqua, Grab menghadirkan layanan untuk para konsumen Grab yang ingin membersihkan sampah-sampah di rumah. Selain botol plastik, kamu juga bisa kirim barang bekas lainnya seperti kardus atau gelas plastik.

Sebelum mengirim, pastikan semua barang bekas dipisahkan berdasarkan jenisnya yaitu, botol plastik, gelas plastik, dan kardus. Lalu, masukkan barang tersebut ke dalam kantong plastik atau kardus dengan dimensi tidak lebih dari 50x50x50 cm dan berat tidak lebih dari 15 kg. Jangan lupa gunakan kode promo GRABAQUA untuk mendapatkan diskon 90% hingga Rp 40.000.

(prf/eny)