Tanaman Pengusir Ular, dari Bawang Putih hingga Lidah Mertua

Muhammad Rifqie Putra - wolipop Jumat, 10 Apr 2020 18:20 WIB
Ular Berbisa di Dunia - Ular Derik Foto: (iStock)/Tanaman Pengusir Ular, dari Bawang Putih hingga Lidah Mertua
Jakarta -

Ular adalah salah satu hewan reptil yang memiliki tubuh panjang dan tidak berkaki. Hewan ini tersebar di seluruh dunia. Yang paling unik dari hewan ini adalah kulitnya yang memiliki banyak warna dan corak.

Meski memiliki tampilan yang menarik, hewan ini tidak boleh diremehkan. Ada beberapa spesies ular yang memiliki racun yang berbahaya bagi manusia, salah satunya adalah ular kobra.

Beberapa waktu lalu, beberapa daerah pulau Jawa ditemukan sejumlah ular kobra di permukiman warga. Oleh karena itu salah satu cara untuk menangkal hadirnya ular di rumah adalah menjaga lingkungan tetap bersih. Karena jika rumah tidak bersih bisa mendatangkan tikus yang merupakan rantai makanan utama dari ular.

Selain itu, kita bisa menanam beberapa tanaman anti ular. Tanaman ini bisa membantu ular tidak memasuki rumah akibat aromanya yang kuat. Ular sendiri diketahui tidak menyukai aroma yang kuat.


Berikut 5 tanaman pengusir ular menurut Gardeners Guide:


1. Bawang Putih

Bawang putih telah digunakan sejak zaman prasejarah untuk mengusir ular. Banyak cara dalam menggunakan bawang sebagai pengusir ular, Anda dapat menanam di sekeliling rumah dan minyak dari bawang juga bermanfaat karena ular akan bingung ketika melewati minyaknya.


2. Marigold

Marigold merupakan salah satu tanaman cantik berwarna kuning. Fungsi marigold sendiri adalah akar tanamannya dapat mengeluarkan bau menyengat. Bau ini dapat mengusir makhluk hidup di kebun, salah satunya adalah ular.

3. Kubis Sigung

Kubis sigung bisa menjadi racun bagi ular. Penyebabnya adalah ular tidak menyukai baunya.

4. Lavender

Lavender memiliki aroma yang kuat. Tanaman ini dapat menjauhkan kita dari ular, nyamuk, bahkan tikus. Selain itu tanaman ini juga bisa ditanam di sekitar hewan peliharaan dan orang-orang.


5. Lidah Mertua

Dikenal sebagai penjaga kualitas udara, lidah mertua juga dapat menjadi tanaman pengusir ular. Ia diklaim dapat mencegah ular berkat daunnya yang tajam. Daunnya dapat membuat ular berbalik dan pergi, selain itu lidah mertua juga merupakan tanaman yang cantik dan mudah untuk tumbuh.





Simak Video "BTS Masuk Daftar Selebriti dengan Bayaran Termahal di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)