Bagian Rumah yang Perlu Disemprot Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona

Rahmi Anjani - wolipop Senin, 23 Mar 2020 14:00 WIB
Woman kneeling at the floor cleaning Cara Membersihkan Rumah dengan Cairan Disinfektan untuk Cegah Virus Corona. Foto: thinkstock
Jakarta -
Selama mewabahnya virus Corona, menjaga kesehatan dan kebersihan menjadi atensi utama setiap orang. Selain dengan mencuci tangan dan menjauhkan diri dari keramaian, memastikan rumah bebas dari paparan virus Covid-19 juga perlu diperhatikan. Membersihkan rumah mungkin sudah dilakukan setiap harinya. Tapi untuk mencegah penyebaran virus Corona, ada bagian-bagian yang perlu disemprot cairan disinfektan. Apa saja yang perlu dibersihkan dengan cairan disinfektan?

Dilansir Wired, para peneliti menemukan bahwa virus Corona baru yang tengah jadi pandemi bisa hidup di permukaan selama sehari. Bahkan untuk barang-barang yang terbuat dari plastik dan stainless steel, virus itu dapat menempel sampai dua atau tiga hari.
Karenanya, disarankan untuk membersihkan dengan cairan disinfektan di bagian-bagian permukaan di rumah, terutama yang sering dipegang. Beberapa bagian rumah yang perlu dibersihkan dan disemprot cairan disinfektan untuk cegah virus Corona, antara lain:

- Gagang pintu
- Meja
- Bagian keras kursi
- Rak di dapur
- Rak di kamar mandi
- Wastafel dan kerannya
- Dudukan dan alat siram toilet
- Saklar lampu
- Remote televisi
- Alat game
- Keyboard dan mouse komputer

Bagaimana cara membersihkan bagian rumah agar bersih dari virus Corona? Hal pertama yang bisa dilakukan adalah mengelap bagian-bagian tersebut dari debu dan kotoran. Anda dapat membersihkannya dengan handuk yang dibasahi air bersabun atau memakai spray pembersih.

Kemudian semprot bagian-bagian tersebut dengan cairan disinfektan khusus untuk permukaan-permukaan keras. Jika Anda punya atau tidak menemukan cairan disinfektan itu, bisa digantikan tisu atau spray disinfektan.

Jika ingin mencoba membuat cairan disinfektan untuk rumah sendiri, Anda dapat mencampurkan empat sendok makan pemutih dengan satu liter air. Kemudian masukan cairan disinfektan tersebut ke dalam sebuah wadah spray. Ketika disemprotkan di bagian-bagian permukaan rumah diamkan cairan itu selama 10 menit sebelum mengelapnya dengan kain basah.



Simak Video "Hampers Bisa Jadi Solusi Hidangan Resepsi New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)