10 Cara Mengusir Lalat yang Ampuh

Vina Oktiani - wolipop Jumat, 07 Feb 2020 16:08 WIB
lalat Cara Mengusir Lalat / Foto: iStock
Jakarta -

Kehadiran lalat seringkali membuat kesal dan geram. Bagaimana tidak, lalat merupakan salah satu hewan yang dapat menyebarkan bakteri dan virus. Lalat seringkali hinggap di tempat-tempat yang berbau atau kotor, seperti tempat sampah. Oleh karena itu agar rumah kita bisa terhindar dari lalat, beberapa cara bisa dilakukan untuk mencegahnya. Berikut ini 10 cara mengusir lalat ampuhh yang dapat kamu coba sendiri di rumah.

Cara Mengusir Lalat dengan Menggantung Plastik Berisi Air


Cobalah menggantung plastik berisi air di ruangan yang kamu inginkan. Cara mengusir lalat ini tergolong cukup mudah dan dipercaya ampuh untuk membuat lalat-lalat pergi. Hal ini karena lalat memiliki 3 ribu hingga 6 ribu mata di setiap mata kanan dan kirinya. Dengan menggantung plastik berisi air, itu akan membuat mata lalat menjadi tidak fokus sehingga lalat akan terbang menjauh. Agar lebih ampuh, kamu juga bisa menambahkan penerangan pada ruangan tersebut.

Cara Mengusir Lalat Pakai Perangkap


Cara mengusir lalat ini juga cukup ampuh dan mudah. Kamu hanya perlu membeli alat perangkap lalat. Hasilnya, lalat-lalat tersebut langsung akan mati dan tidak lagi mengganggumu. Perangkap lalat ada dua jenis, yaitu flypaper yang merupakan kertas yang berisi lem dengan aroma manis dan flywatter yang merupakan perangkap elektrik mengandung sinar UV. Seperti diketahui, lalat sangat menyukai aroma manis oleh sebab itu perangkap jenis flypaper sangat cocok dijadikan sebagai salah satu cara mengusir lalat. Selain itu, perangkap jenis flywatter juga tidak kalah efektif untuk membuat lalat terjebak kemudian mati dalam alat tersebut.

Cara Mengusir Lalat Menggunakan Cahaya Lilin

10 Cara Mengusir Lalat yang AmpuhFoto: detik


Cara mengusir lalat yang satu ini mungkin sudah sering kamu gunakan atau lihat. Cara mengusir lalat ini biasanya sering dipakai di rumah makan. Lalat sangat tidak menyukai asap. Oleh karena itu menggunakan cahaya lilin sebagai cara mengusir lalat di halaman rumah ataupun tempat-tempat lain yang kamu inginkan akan membuat lalat-lalat terbang pergi dan menjauh.

Cara Mengusir Lalat dengan Kamper atau Kapur Barus


Cara mengusir lalat yang selanjutnya adalah dengan menggunakan kamper atau kapur barus. Kamper atau kapur barus memang terkenal dapat mengusir berbagai macam serangga. Hal ini karena kamper atau kapur barus memiliki bau sangat menyengat yang tidak disukai oleh lalat dan serangga-serangga lainnya. Kamper juga mengandung sifat anti bakteri dan anti virus. Kamu bisa meletakkan kamper atau kapur barus di halaman rumah atau ruangan manapun yang kamu inginkan. Bonusnya, selain lalat, serangga-serangga lain juga akan pergi dengan cepat.

Cara Mengusir Lalat Memakai Daun Pandan


Jika kamu menginginkan cara mengusir lalat dengan bahan-bahan alami maka kamu bisa mencoba menggunakan daun pandan. Karena selain berguna untuk dijadikan salah satu bahan memasak, daun pandan juga dipercaya dapat mengusir lalat. Hal ini karena lalat tidak menyukai wangi yang dihasilkan dari daun pandan. Cara mengusir lalat dengan daun pandan sangat mudah. Kamu hanya perlu mengiris daun pandan tersebut hingga halus dan lebih tercium aromanya. Setelahnya letakkan pada wadah lalu taruh di tempat-tempat yang kamu inginkan untuk menghindari gangguan lalat.

Cara Mengusir Lalat Menggunakan Cengkeh

10 Cara Mengusir Lalat yang AmpuhFoto: Cengkeh Ampuh


Cara mengusir lalat dengan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan cengkeh. Cengkeh memiliki aroma yang cukup tajam dan tidak disukai oleh lalat. Oleh karena itu cara mengusir lalat yang satu ini cukup ampuh untuk kamu coba di siang hari ataupun di malam hari. Cara mengusir lalat ini juga cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam biji cengkeh secukupnya di semangkuk air lalu letakkan hasil rendaman tersebut di tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat.

Cara Mengusir Lalat Menggabungkan Jeruk dan Cengkeh


Selain dapat digunakan sendiri, cengkeh juga dapat digabungkan dengan buah jeruk. Cara mengusir lalat dengan dua bahan alami ini tergolong efektif karena lalat sangat membenci bau jeruk dan cengkeh. Beberapa jenis buah jeruk yang dapat kamu gunakan sebagai cara mengusir lalat ini adalah jeruk mandarin, jeruk lemon, dan jeruk nipis. Untuk melakukannya, kamu bisa memasukkan cengkeh ke buah-buah tersebut dengan menusukkannya. Kamu bisa melakukannya pada jeruk utuh ataupun yang sudah dipotong. Selanjutnya letakkan buah jeruk yang sudah ditusuk-tusuk dengan cengkeh di tempat yang banyak lalat.

Cara Mengusir Lalat dengan Menanam Tanaman Lavender

10 Cara Mengusir Lalat yang AmpuhFoto: iStock


Cara menghilangkan lalat yang selanjutnya adalah dengan tanaman lavender. Tanaman lavender ternyata tidak hanya dapat mengusir nyamuk, melainkan juga lalat. Lalat juga tidak menyukai aroma yang dihasilkan dari bunga lavender ini. Untuk mengusir lalat kamu bisa menanam tanaman lavender atau menyimpan beberapa tangkai bunga lavender di luar ataupun dalam rumah. Selain dapat menghilangkan lalat dan nyamuk, tanaman ini juga pastinya akan membuat halaman rumahmu terlihat lebih cantik.

Cara Mengusir Lalat Dengan Garam


Cara menghilangkan lalat dengan cara yang satu ini bisa terbilang sangat mudah didapatkan. Selain dapat digunakan untuk memasak, garam juga dapat digunakan untuk mengsurir lalat dengan cepat. Cara menghilangkan lalat dengan garam sangatlah mudah. Kamu cukup menaburkannya pada area yang sering dihinggapi lalat. Selain itu, semut juga ternyata bisa hilang dengan cara ini.

Cara Mengusir Lalat Dengan Bawang Putih

10 Cara Mengusir Lalat yang AmpuhFoto: istimewa


Cara menghilangkan lalat menggunakan bahan alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Cara menghilangkan lalat dengan bawang putih ini dapat dilakukan dengan mencampurkan bawang putih dan beberapa komponen-komponen lainnya seperti kayu manis, bubuk cabai, dan air. Untuk membuatnya, kamu cukup menghaluskan bawang putih, kayu manis, dan bubuk cabai hingga rata dan tercampur menggunakan ulekan atau blender lalu campurkan dengan air. GUnakan air dari campuran tersebut sebagai semprotan pengusir lalat.

Demikianlah 10 cara mengusir lalat yang bisa kamu gunakan jika ingin terbebas dari gangguan lalat. Selamat mencoba!



Simak Video "Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Merawat Rumah Investasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)
DRoofTalk
×
Gaduh Kerajaan Galuh
Gaduh Kerajaan Galuh Selengkapnya