7 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Daniel Ngantung, Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 02 Jan 2020 15:50 WIB
Tips membersihkan rumah setelah banjir. (Foto: iStock) Tips membersihkan rumah setelah banjir. (Foto: iStock)
Jakarta - Banjir menggenangi hampir sebagian besar wilayah Jakarta dan sekitarnya, Rabu (1/1/2020). Alhasil, tak sedikit rumah warga yang kebanjiran. Maka ketika air berangsur surut, tugas berat pun sudah menanti: bersih-bersih rumah.

Membersihkan rumah setelah banjir memang tak mudah. Apalagi bila ketinggian air cukup ramah sampai hampir menutupi seluruh bagian rumah.



Jika rumah tidak segera dibersihkan, maka bukan tidak mungkin barang-barang di dalamnya akan cepat rusak. Belum lagi sisa-sisa kotoran yang tertinggal di rumah dapat mengancam kesehatan Anda dan keluarga.

Berikut beberapa tips membersihkan rumah setelah banjir yang dihimpun dari berbagai sumber:

1. Siapkan alat pembersih dan pelindung

Ilustrasi tips membersihkan rumah setelah banjir.Ilustrasi tips membersihkan rumah setelah banjir. (Foto: iStock)

Untuk tips pertama membersihkan rumah setelah banjir, siapkan dulu peralatan pembersih yang dibutuhkan. Selain kain pel, alat pel karet, sekop, dan sebagainya, Anda juga butuh disinfektan untuk membunuh kuman. Anda bisa membuatnya sendiri dengan mencampur satu sampai setengah cangkir pemutih pakaian dengan satu galon air. Jangan lupa gunakan pelindung tubuh seperti masker, sarung tangan dan alas kaki yang sesuai untuk memberikan proteksi maksimal.

2. Bersihkan barang menurut materialnya

7 Tips Membersihkan Rumah Setelah BanjirIlustrasi tips membersihkan rumah setelah banjir. (Foto: iStock)

Rumah Anda mungkin diisi dengan perabotan yang material berbeda-beda sehingga membutuhkan 'treatment' tersendiri. Barang kayu-kayuan dan kain memiliki pori sehingga mudah jamuran dan mungkin perlu dibuang. Sementara itu, material kaca, plastik dan logam tidak akan berkarat. Untuk membersihkannya, cukup memakai disinfektan.

Jika memungkinkan, pakai bantuan profesional untuk membersihkan benda seperti karpet. Spora jamur yang terlanjur menempel di karpet tak akan hilang bila membersihkannya hanya dengan menjemur.

3. Menangani lantai kayu

7 Tips Membersihkan Rumah Setelah BanjirIlustrasi tips membersihkan rumah setelah banjir. (Foto: iStock)

Tips membersihkan rumah setelah banjir berikutnya berkaitan dengan lantai kayu. Lantai kayu yang kebanjiran rentan retak sehingga membersihkannya harus perlahan dan bertahap. Lepaskan papan lantai kayu untuk mencegahnya menekuk.

Lepaskan papan setiap beberapa jarak tertentu untuk mengurangi tekuk yang disebabkan oleh pembengkakan permukaan kayu. Biasanya pembersih profesional mempercepat waktu pengeringan dengan mengalirkan udara melalui bagian bawah lantai kayu.

Selanjutnya
Halaman
1 2